Ibu Bekerja Juga Bisa Memberikan ASI Sampai 2 Tahun

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway “ASI dan Segala Cerita Tentangnya* dalam rangka menyemarakkan Pekan ASI Dunia. F: Nanti kalau kita sudah lulus, kerja, nikah terus punya anak, masih mau kerja atau nggak? C: Ya pengennya sih kerja ya F: Nanti kalau kita kerja, anak kita minum susunya pake susu formula dong C: Iya ya. Merk […]

Pengalaman Menyapih Anak dengan Ikhlas

Menjelang Ziva usia 2 tahun, saya sempat galau, apakah akan menyapih Ziva atau lanjut terus menyusui, istilah kerennya extended breastfeeding. Sebenarnya kalau di hari kerja dari pagi sampai sore, sejak masih ASI eksklusif, Ziva memang nggak menyusui langsung karena saya kerja. Tapi kalau saya libur pasti menyusui langsung. Sejak saya stop pumping di usia Ziva […]

Cerita Menjadi Ibu Pumping

Beruntunglah para ibu bekerja yang di kantornya punya fasilitas ruang laktasi atau ruang khusus untuk pumping. Apalagi yang ditambah dengan fasilitas kulkas, ruangan berpendingin, sofa nan empuk dan alat steril. Wah, mimpi banget tuh kalo di kantor saya punya fasilitas kayak begitu 😀 Di kantor saya nggak ada ruang khusus untuk pumping bagi karyawan wanita […]

Ketika ASIP Terkena Tetesan Darah

Kemarin, lagi serius pumping sore-sore di kantor langsung kaget ketika dari puting sebelah kiri menetes darah. Seketika itu juga breastpump saya off-kan. Darah keburu meluncur ke botol penampung. ASIP yang berwarna putih berubah menjadi warna merah muda. Padahal pas pumping tadi siang nggak keluar darah sama sekali. Emang nih puting yang kiri saya sedang luka […]

Scroll to top