Ketika ASIP Terkena Tetesan Darah

Kemarin, lagi serius pumping sore-sore di kantor langsung kaget ketika dari puting sebelah kiri menetes darah. Seketika itu juga breastpump saya off-kan. Darah keburu meluncur ke botol penampung. ASIP yang berwarna putih berubah menjadi warna merah muda. Padahal pas pumping tadi siang nggak keluar darah sama sekali. Emang nih puting yang kiri saya sedang luka karena Ziva sekarang kalo nenen gayanya udah macem-macem. Sebenarnya sih lukanya udah lumayan kering. Tapi nggak tau kenapa jadi ada darah netes. Buru-buru deh nanya ke grup WA emak-emak kece, pas banget yang jawab Mom Wilda, salah satu konselor laktasi jebolan AIMI.

Menurut Mom Wilda, ASIP yang terkena tetesan darah masih boleh diminum oleh bayi. Fiuh, Alhamdulillah. Sayang kalo ASIP yang terkena darah itu dibuang *emak2ogahrugi 😀 Lha wong ASI kan sebenarnya darah juga. Makanya kalo ada anak lain yang bukan anak kandung yang kita susui jadi seperti anak darah daging kita. Terus puting yang luka sebaiknya jangan diperah pake breastpumping. Lukanya bisa tambah lebar. Diperah pake tangan aja. Puting yang luka diistirahatkan dulu dari breastpump kemudian dikasih salep atau salep alami alias diolesi ASI dan sering diangin-angin supaya cepat kering dan sembuh.

Akhirnya saya pumping pindah ke payudara kanan dengan botol tampungan lain yang masih kosong. Lumayan dapet 50 ml lagi. Hari gini di masa-masa stok ASIP kejar tayang tapi ASI nggak deras kayak dulu, berapa pun hasil pumping yang didapat harus disyukurin banget deh. Hidup ngASI!

20141117_163818

Kiri: ASIP warna pink — Kanan: ASIP warna normal

Salam,

signature citandy

4,619 total views, 4 views today

Leave a Reply