Menyusun Menu Mingguan, Yes or No?

Kelihatannya gampang ya menyusun menu mingguan? 😀 Tinggal tulis-tulis mau makan apa terus belanja ke pasar atau tukang sayur. Tapiiiii kalau serumah seleranya beda-beda ya harus pintar-pintar ngaturnya 😎 Contohnya saya suka banget makan sayur dari mulai sayur asem, sayur lodeh, soto Bandung, sampai lalap-lapan mentah. Orang Sunda gitu lho 😀 Nah suami saya kan orang Palembang, seleranya yang pedas-pedas, udah gitu kurang suka makan sayur. Paling banter makan sayur itu kalau bikin pecel atau beli gado-gado/ lotek. Suami paling suka makan ikan, kalau saya ikan-ikan tertentu aja. Suami suka lele, saya nggak suka. Suami makan daging kambing, saya nggak suka.

Jadi menyusun menu mingguan yes banget buat saya 🙂 Tapi ya itu tadi mempertimbangkan selera saya dan suami 😀 Win-win solution lah. Apalagi saya kerja, jadi untuk masak hari ini tuh harus sudah tau mau masak apa dan bahannya juga harus sudah ada juga 😀 Suami saya kan kerja dari rumah, jadi ya makan siang di rumah. Terus kan ada bibik dan Ziva juga. Biasanya sih sekalian lauk yang saya masak dibawa juga untuk bekal makan siang saya di pabrik. Kalau suami sedang tugas ke luar kota beberapa hari, saya nggak masak. Bibik saya kasih uang makan, sedangkan untuk Ziva bikin sayur sop/ soto porsi kecil. Kadang juga bikin dari bahan yang stand by di kulkas. Biasanya saya nyetok telur ayam kampung, ayam ungkep, dan udang. Pas siang Ziva mau makan tinggal goreng telur dadar, udang goreng tepung atau ayam goreng. Suka-suka bocahnya lah maunya apa. Kalau mentok ya goreng nugget 😛 Continue reading

5,773 total views, 10 views today

#DapurRabu: Resep Telur Bumbu Balado

DAPURRABUResep simpel saat ditinggal si bibik mudik 😀 Modal telur, cabe merah, bawang, gula dan garam, tring jadi deh masakan untuk lauk makan siang. Dimakan bersama nasi putih panas ngepul-ngepul, nyammmm…

Continue reading

4,864 total views, no views today

#DapurRabu: Resep Udang Saos Padang

DAPURRABUSalah satu menu seafood favorit suami adalah udang, saya juga sih 😀 Biar katanya kadar kolesterolnya tinggi, nggak menyurutkan saya untuk menyelipkan menu udang dalam menu masakan sehari-hari. Tapi ya nggak tiap hari juga makan udang *harganya mahal booo* 😀

Continue reading

2,348 total views, 3 views today

#DapurRabu: Resep Gulai Kepala Ikan Kakap

DAPURRABU Setelah dua kali di-PHP-in oleh tukang ikan di pasar, akhirnya kesampaian juga masak gulai kepala ikan kakap. Waktu itu sehari sebelumnya sudah pesan 3 kepala ikan kakap. Saat besoknya ke pasar, eh sudah kehabisan. Tukang ikannya salah kasih ke orang >.< Pesen kakap utuh ke tukang ikan yang satu lagi, eh besoknya dia bilang di suppliernya lagi kosong =__=

Seminggu berlalu saat saya sengaja ke pasar jam setengah enam dari rumah. Alhamdulillah masih kebagian 3 kepala ikan kakapnya. Saya minta kepala ikan kakapnya dibelah dua, jadi di rumah tinggal diolah.

Continue reading

1,430 total views, 2 views today

#DapurRabu: Resep Tekwan Palembang

DAPURRABUResep masakan khas Palembang is back! Setelah #DapurRabu perdana yang lalu resep Pindang Tulang Palembang, #DapurRabu hari ini hadir dengan resep tekwan. Biasanya saya kalau bikin tekwan, tinggal bikin kuahnya doang, karena biji tekwannya beli yang keringan. Tapi setelah sekian lama akhirnya memberanikan diri untuk bikin biji tekwannya sendiri, asli lho pakai daging ikan tenggiri 🙂 Kalau pakai biji tekwan yang kering mah gampil, tinggal rendam sekitar 12 jam (dari malam), besok paginya tinggal dikukus sampai empuk. Rasanya sih kurang terasa ikannya ya. Lebih enak bikin sendiri. Nyam 🙂

Click here to read more

11,855 total views, 2 views today