Ibu Bekerja Juga Bisa Memberikan ASI Sampai 2 Tahun

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway “ASI dan Segala Cerita Tentangnya* dalam rangka menyemarakkan Pekan ASI Dunia.

F: Nanti kalau kita sudah lulus, kerja, nikah terus punya anak, masih mau kerja atau nggak?
C: Ya pengennya sih kerja ya
F: Nanti kalau kita kerja, anak kita minum susunya pake susu formula dong
C: Iya ya. Merk sufor yang bagus apa ya
F: Ada sih merk XXX, katanya komposisinya mirip kayak ASI, tapi harganya mahal.
C: Demi anak mahal juga dibeli Continue reading

9,091 total views, 8 views today

Pengalaman Menyapih Anak dengan Ikhlas

Tips Menyapih Anak 2016Menjelang Ziva usia 2 tahun, saya sempat galau, apakah akan menyapih Ziva atau lanjut terus menyusui, istilah kerennya extended breastfeeding. Sebenarnya kalau di hari kerja dari pagi sampai sore, sejak masih ASI eksklusif, Ziva memang nggak menyusui langsung karena saya kerja. Tapi kalau saya libur pasti menyusui langsung. Sejak saya stop pumping di usia Ziva 18 bulan, praktis Ziva sudah nggak minum ASI kalau saya bekerja. Tapi kalau saya pulang kerja sampai besok paginya, Ziva masih menyusui langsung. Jadi, PR sebenarnya bagaimana menyapih Ziva di malam hari dan kalau saya libur alias di rumah saja.

Continue reading

23,049 total views, 14 views today

Cerita Menjadi Ibu Pumping

Beruntunglah para ibu bekerja yang di kantornya punya fasilitas ruang laktasi atau ruang khusus untuk pumping. Apalagi yang ditambah dengan fasilitas kulkas, ruangan berpendingin, sofa nan empuk dan alat steril. Wah, mimpi banget tuh kalo di kantor saya punya fasilitas kayak begitu 😀

Di kantor saya nggak ada ruang khusus untuk pumping bagi karyawan wanita yang sedang menyusui. Dulu untuk pertama kalinya ada karyawan wanita yang pumping di kantor adalah rekan saya yang saat ini sudah resign. Namanya Mbak Irma. Saat itu dia galau mau pumping dimana. Dia sudah nekat mau pumping di wc. Saya bilang ke dia, ajukan saja ke bagian HRD untuk pengadaan ruangan khusus pumping. Lantas dia pun melakukan apa yang saya bilang. Ternyata atas pertimbangan jumlah karyawan wanita di kantor saya yang saat itu hanya 8 orang dan yang sedang menyusui hanya 1 orang, maka permintaan ruangan khusus pumping belum dapat diwujudkan. Akhirnya Mbak Irma pun pumping di gudang untuk tempat menyimpan file-file lama. Nggak lama dari situ, menyusul teman saya, Yuli yang pumping barengan dengan Mbak Irma. Tahun 2013, giliran anak buah saya, Anggi yang pumping di gudang tersebut. Selang setahun, giliran saya deh pumping di ruangan keramat itu 😀

Jangan dibayangkan ruangan yang berpendingin dan sofa yang empuk. Ada kursi, colokan listrik dan keleluasaan waktu untuk pumping saja sudah bersyukur walaupun saat pumping harus bermandikan keringat dan kadang ada bunyi-bunyi yang nggak jelas asalnya dari mana 😀 Pernah juga lagi asyik pumping eh tau-tau ada kardus jatuh dari rak. Mau kabur lagi tanggung, ASI lagi deres 😀 Yowes, pasrah aja sambil komat-kamit baca doa. Continue reading

3,675 total views, no views today

Horeeee Ziva Lulus S1 ASIX

IMG_113300178362860
Alhamdulillah hak Ziva untuk mendapatkan ASI eksklusif 6 bulan sudah saya tunaikan. Walaupun dengan perjuangan yang mungkin bagi orang lain hal tersebut adalah biasa saja, tapi nggak buat saya. Ternyata menyusui itu nggak semudah yang saya pikir sebelumnya apalagi bagi saya yang meninggalkan Ziva di rumah selama 8-9 jam. Tapi ketika kewajiban saya untuk memenuhi hak Ziva untuk mendapatkan ASI eksklusif 6 bulan terpenuhi itu rasanya luar biasa. Walaupun dengan stok ASIP yang kejar tayang, walaupun ASI saya nggak sebanyak ibu-ibu lain yang sampe merembes-rembes, saya bertahan Ziva harus ASI eksklusif 6 bulan. Ziva memang sempat minum beberapa jenis obat ketika sakit, tapi selain itu Ziva hanya minum ASI. Belum pernah minum susu formula, air putih, madu dan sari kurma apalagi makan pisang, bubur, dll sebelum usianya 6 bulan.

Makasih ayah yang selalu memberi dukungan supaya ibu selalu semangat menyusui Ziva dan pumping untuk stok ASIP, yang selalu cerewet ngingetin kalo stok ASIP di freezer udah menipis *kiss

Continue reading

3,353 total views, 2 views today