Menu dan Review MPASI 6 Bulan Ziva

Menjelang Ziva umur 6 bulan, saya udah sibuk mencari informasi mengenai persiapan MPASI untuk Ziva. Saking banyaknya informasi malah jadi bingung 😀 Akhirnya saya memutuskan untuk memberikan puree alpukat+ASIP sebagai MPASI perdana Ziva.

Sebelum dieksekusi, awalnya saya sudah membuat susunan menu dan jadwal untuk 1 bulan. Menu tersebut saya tempel di dekat meja makan supaya mudah diakses. Tapi di dalam perjalanannya, susunan menu mengalami beberapa kali revisi karena ada beberapa jenis buah/ sayuran yang Ziva nggak suka dan ketersediaan buah/ sayur di tempat belanja atau kulkas 😀

Setiap hari dilakukan pemantauan untuk melihat frekuensi BAB dan apakah ada tanda alergi atau nggak. Tapi belakangan, saya dan suami kadang suka lupa dan nggak konsisten mencatat hari itu Ziva berapa kali BAB, tekstur BAB-nya keras atau nggak dan warna BAB-nya. Kalau alergi, sejauh pengamatan sih, Ziva alergi alpukat! Agak aneh sih, karena setau saya alpukat kan nggak mengandung alergen. Tapi Ziva setelah makan puree alpukat muncul kemerahan di wajahnya. Apa karena saya pake alpukat biasa ya. Kalo dari hasil browsing kan yang direkomendasikan itu alpukat mentega. Waktu belanja di Farmer’s Market, kata si mas-nya alpukat mentega lagi nggak musim, jadi saya beli alpukat yang ada aja. Nanti masuk umur 7 bulan saya akan coba kasih alpukat lagi ke Ziva. Tapi kali ini saya akan coba alpukat mentega.

Jenis makanan yang diberikan untuk Ziva di usia 6 bulan ini antara lain:

Buah: alpukat, pepaya (California dan lokal), pisang (Sunpride), pir (Xiang Lie), apel (Red Delicious), jambu biji putih, jeruk manis (baby Pacitan), gasol pisang

Sayuran: kabocha, zucchini, labu siam (baby), buncis (baby), kentang, ubi ungu, wortel (lokal)

Serealia dan biji-bijian: gasol beras merah, gasol beras coklat, beras putih, kacang hijau kupas

Beberapa makanan yang membuat Ziva sembelit antara lain jambu biji putih, pisang dan kentang. BAB-nya keras dan bentuknya bulat-bulat seperti feses kambing 😀

Berikut ini menu MPASI 6 bulan Ziva:

Jadwal & menu MPASI Ziva-6 bulan

Alhamdulillah, selama satu bulan ini saya masih komit untuk membuat sendiri MPASI untuk Ziva alias homemade, walaupun untuk itu saya harus bangun jam 4 pagi! Sebisa mungkin saya akan terus komit untuk membuat sendiri makanan untuk Ziva walaupun saya bekerja. Padahal di rumah ada bubur bayi instant Cerelac dan Milna dikasih orang tapi saya belum tertarik untuk kasih ke Ziva. Kalo untuk makanan saya dan suami sih seringnya beli yang udah matengan aja, kadang-kadang masak juga sih tapi jarang 😀

Masuk 7 bulan, ada beberapa tambahan sayuran, buah dan serealia dan tentunya mulai perkenalan dengan protein. Semoga Ziva makannya makin lahap dan nggak ada alergi lagi. Aamiin.

Salam,

signature citandy

11,586 total views, 10 views today

2 comments

    • Cita says:

      Masih banyak ibu2 di luaran sana yg lebih canggih kok dari aku…ini mah belom seberapa 😀 Ini dibikin menunya supaya praktis aja kalo mau belanja bahan makanannya hehehe….

Leave a Reply