Tips Melatih Anak Sikat Gigi

Balita Sikat GigiSebenarnya saya termasuk telat untuk urusan kebersihan gigi dan bagian rongga mulut Ziva. Contohnya nih. Untuk bayi yang giginya belum tumbuh bukan berarti dibiarin begitu saja. Ternyata bagian bagian lidah, gusi, langit-langit mulut wajib dibersihkan setelah bayi selesai menyusui dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan air minum. Nah saya nggak melakukan itu. Jadi saya baru mulai mengenalkan kalau bagian dalam mulut itu harus dibersihkan ya saat gigi Ziva sudah mau tumbuh *telat pisan yaaaaa, kemana aja buuuu*

Usia 9 bulan, bakal gigi serinya sudah mulai terlihat, tapi karena giginya belum muncul semua jadi bagian gusinya hanya saya bersihkan dengan kapas dan air minum (kalau saya ya pakai air galon). Di rentang usia 11-13 bulan, 2 gigi seri central atas dan 2 gigi seri central bawah sudah muncul plus 2 gigi seri lateral bagian atas yang baru muncul setengah. Dari usia segituan deh baru saya sikat gigi Ziva pakai sikat gigi doang tanpa pasta gigi.

Awalnya susah banget mau nyikatin gigi Ziva. Disuruh buka mulut susah. Kumur-kumur juga belum bisa. Browsing-browsing gimana caranya supaya anak gampang sikat gigi. Ada yang bilang coba pakai pasta gigi yang khusus anak, kan biasanya ada rasa buah-buahan dan rasanya manis. Begitu pakai pasta gigi, Ziva malah kesenengan, sikat giginya diisep-isep, bukannya disikatin ke giginya -__- Kalau dibilangin, sini Ibu bantu sikatin giginya, malah dijawab Ziva aja, tapi masih nggak disikat juga. Kadang suka saya paksa juga, saya pegang sikat giginya, terus saya sikat-sikat ke giginya sambil anaknya berontak >.<

Setelah berbulan-bulan melatih Ziva supaya mau sikat gigi, menurut pengalaman saya, berikut beberapa tips untuk melatih anak sikat gigi.

> Sikap konsisten dan contoh dari orang tua

Supaya anak disiplin mau sikat gigi diperlukan sikap konsisten dari orang tua untuk selalu melatih anak sikat gigi. Dulu saya masih suka males-malesan nih. Kalau saya sudah ngantuk banget kadang ya lewat aja gitu Ziva nggak sikat gigi. Kadang Ziva udah tidur dari jam 8 abis nenen tanpa sikat gigi. Tapi sekarang sedang berusaha untuk lebih baik sih hehehe….Malah kalau Ziva lihat saya sedang sikat gigi malam sebelum tidur, dia sudah minta duluan sambil bilang gigi gigi gigi.

> Mengenalkan konsep sikat gigi melalui media

Kalau hanya dengan kata-kata kita nyuruh anak sikat gigi masih nggak mempan bisa dicoba dengan menggunakan media seperti buku atau video. Saya punya buku yang judulnya Mengapa kita harus menggosok gigi. Saya sering membacakan Ziva buku ini berulang-ulang. Saya ceritakan kalau nggak mau sikat gigi nanti giginya sakit, kalau sakit harus dicabut ke dokter gigi.

Tips Balita Sikat Gigi

Tips Anak Sikat GigiZiva juga saya kenalkan aktivitas sikat gigi melalui video dari Youtube. Tinggal ketik kata kunci “anak sikat gigi”, muncul deh macam-macam videonya. Ziva paling suka dengan video-nya Upin Ipin yang judulnya Gosok Gigi.

> Sikat gigi yang warnanya menarik dan mudah dipegang anak

Terhitung sudah 5 buah saya beli sikat gigi untuk Ziva. Foto di bawah hanya ada 3 sikat gigi, yang 2 lagi nyelip entah dimana 😀 Sikat gigi yang di tengah (warna putih) itu model 360 derajat, katanya bisa membersihkan plak dengan mudah. Nyatanya, Ziva malah nggak mau pakai sikat gigi model begitu.

Sikat Gigi Anak> Pasta gigi yang aman untuk anak

Supaya anak tambah semangat sikat gigi, mulai bisa dikenalkan dengan pasta gigi yang ada rasanya. Pas awal-awal saya belikan pasta gigi Enzim Anak untuk Ziva karena claim-nya tanpa deterjen dan kata teman-teman di grup sih aman jika tertelan. Pasta Gigi Enzim Anak yang saya beli rasa strawberry, warnanya merah. Pernah satu malam mau sikat gigi eh baru ngeh kalau pasta giginya habis, anaknya nggak mau sikat gigi kalau nggak pake pasta gigi. Buru-buru deh ke Alfamart cari Enzim Anak, untungnya ada. Tapi pas baca komposisinya kok mengandung bahan pengawet (sodium benzoate) dan sodium fluoride. Kabarnya kan, dibalik pasta gigi dengan kandungan fluoride yang tinggi, ada efek samping yang membahayakan kesehatan gigi. Lah saya baru ngeh malah setelah pemakaian Enzim Anak yang kedua ini.

Pasta gigi anak ada SNI-nya juga lho. Berdasarkan SNI tentang pasta gigi anak, kadar fluoride yang disyaratkan adalah 500-1000 ppm. Di kemasan Enzim Anak nggak mencantumkan kadar sodium fluoride-nya sih, tapi saya jadi galau hehehe.

Akhirnya saya beralih ke Jack & Jill. Klaimnya menggunakan pemanis xylitol, flavour alami, bebas gula, bebas fluoride, bebas pewarna, bebas SLS dan bebas pengawet. Harganya 10 kali lipat dari Enzim Anak sih tapi kalau produknya lebih aman untuk anak kan kenapa nggak 😀 Kalau kata orang Jawa bilang, ada rego ada rupo. Tapi ya balik lagi ke pilihan masing-masing orang tua mau pake pasta gigi merk apa yang sekiranya terbaik untuk anak.

Pasta Gigi Odol Bayi

Pasta Gigi Odol Anak Enzim Anak

Pasta Gigi Anak Odol Jack n JillOya, sampai sekarang Ziva masih belum bisa kumur-kumur. Jadi setiap sikat gigi bilasnya menggunakan air minum karena airnya masih ditelan oleh Ziva.

Yang punya tips lainnya untuk melatih anak sikat gigi, yuk saling berbagi 🙂

Salam,

signature citandy

8,401 total views, 2 views today

Leave a Reply