5 Ide Kado Lahiran untuk Ibu dan Bayi di Bawah 300 Ribu

Ide Kado Lahiran Terbaru 2016

Dulu waktu belum menikah dan punya anak, kalau ada teman, saudara, tetangga atau kerabat yang melahirkan, paling sering sih saya kasih kado ya buat bayinya seperti feeding set (peralatan makan), botol dot set, baju, tas bayi, gendongan, selimut tanpa berpikir apakah barang tersebut dipakai atau nggak.

Nah, setelah pengalaman punya anak sendiri, baru ngerasain kalau barang-barang mainstream yang biasanya dikasih untuk kado itu umumnya nggak dipake karena sudah punya. Keseringan juga kan orang kasih kado fokusnya hanya untuk si bayi, ibunya cuma dapat ucapan selamat 😀 Bukan bermaksud kufur nikmat atau sombong sih ya. Biasanya kan ibu-ibu itu menjelang persalinan, apalagi anak pertama, barang apa aja yang ada hubungannya dengan bayi baru lahir pengennya dibeli 😀 Ini sih berdasarkan pengalaman sendiri. Ya walaupun saya senang-senang aja menerima kado dari orang pasca melahirkan Ziva dulu. Kalau dari sisi kita sebagai pemberi kado akan lebih senang ya kalau kado yang kita kasih itu bermanfaat untuk bayi atau ibunya.

Baca: Daftar belanja perlengkapan bayi dan ibunya

Berikut ini 5 ide kado lahiran bermanfaat untuk ibu dan bayi di bawah 300 ribu. Kenapa saya batasin 300 ribu? Ini sebenarnya tergantung budget si pemberi kado ya. Kalau saya apabila memberi kado atas nama pribadi biasanya nggak pernah lebih dari 300 ribu hehehe. Tapi kalau atas nama rame-rame alias patungan sih bebas ya. Bisa dibelikan barang-barang yang mahal  seperti stroller, car seat, emas logam mulia, atau baby box.

Handuk
Kado paling gampang dicari dan long lasting banget alias kepakenya lama. Walaupun pasti ibu si bayi sudah punya stok handuk di rumahnya, kado handuk dari kita bisa disimpan sebagai cadangan untuk ganti-ganti. Tips membeli handuk untuk bayi, cari yang bahannya halus dan menyerap air, karena pernah dapat kado handuk tapi bahannya nggak menyerap air dan kasar, jadi mubazir kan kalau nggak terpakai. Harga handuk bayi ada di kisaran 50 ribuan yang paling murah, paling mahal yang saya tahu di kisaran 250 ribuan (merk IKEA seri ALSKAD, SLAPPA, BADET, STANKA). Kalau yang harganya di bawah 50 ribu biasanya yang bahannya nggak menyerap air.

Slide1 Slide2 Slide3 Slide4

Baby health care/ grooming set
Baru tau kalau beberapa merk keperluan bayi punya paketan baby health care/ grooming set kayak gini 😀 Dulu sih belinya misah-misah. Gunting kuku sendiri, thermometer digital sendiri, sikat gigi sendiri, sisir sendiri, alat penyedot ingus sendiri. Nah kalau modelnya paketan kayak gini kan enak banget untuk dijadiin kado. Hasil browsing sih ada beberapa merk yang mengeluarkan baby health care/ grooming set seperti Tommee Tippee (harganya sekitar 250 ribu), Mastela (harganya sekitar 200 ribu), Mothercare (harga sekitar 170 ribu) dan Luvable Friends (harga sekitar 100 ribu-150 ribu, tergantung toko).

Buku
S
eingat saya sudah tiga kali memberikan kado lahiran berupa buku. Yang sudah-sudah sih saya kasihnya buku tentang ASI. Favorit saya buku Pintar ASI dan Menyusui karya Mbak Monika Purba, yang berprofesi sebagai konselor menyusui dan duta La Leche League (LLL) untuk Indonesia. Harganya sekitar 65 ribuan. Selain buku tentang ASI, buku bertema parenting dan tentang MPASI (makanan pendamping ASI) juga cocok diberikan sebagai kado lahiran.

Voucher spa/ salon untuk ibu
Nah ini dulu pas abis melahirkan Ziva ngarep banget ada yang ngasih kado voucher beginian, tapi nggak kesampean 😀 Setelah melewati masa melahirkan, badan rasanya rontok dan mengenaskan banget, hahaha. Empat hari di rumah sakit, begitu pulang ke rumah dimulailah masa-masa perjuangan menjadi ibu baru. Kurang tidur, anak nangis tiap jam minta nenen, badan pegal-pegal efek begadang dan kurang tidur, dan lain-lain. Dulu sempat cari-cari info salon/ spa yang bisa home care perawatan ibu pasca melahirkan di daerah Bandung (dulu setelah melahirkan saya stay di rumah orang tua di Bandung selama cuti melahirkan) tapi nggak nemu, akhirnya cukup manggil tukang pijat langganan ibu saya. Kalau di Jakarta sih sepertinya banyak ya. Tapi kalau ambil paketan yang 30 sampai 40 hari mah mahal bisa sampai 3 juta. Jadi kalau mau kasih voucher spa/ salon ke ibu yang baru melahirkan, kasih voucher pijat/  lulur atau creambath/ hair spa yang harganya nggak sampai 300 ribu juga udah seneng kok 🙂

❤ Perlengkapan menyusui
Perlengkapan menyusui di sini saya persempit hanya baju menyusui dan apron menyusui untuk ibu. Karena biasanya perlengkapan menyusui lain seperti breast pad, breast pump, media pemberian ASI seperti botol dot, cup feeder sudah dipersiapkan oleh si ibu sendiri. Dulu waktu masih menyusui Ziva, saya hobi banget beli baju menyusui. Favorit saya merk Mamigaya. Di rumah ada sekitar 10 baju menyusui saya merk-nya Mamigaya semua dan sampai sekarang masih saya pakai walaupun Ziva sudah nggak nenen karena modelnya nggak seperti baju menyusui yang standard.

Baca: Pengalaman Menyapih Anak dengan Ikhlas

Koleksi baju menyusui Mamigaya bisa cek di akun Instagram-nya. Selain itu resellernya juga bertebaran di Tokopedia dan Bukalapak. Harganya di kisaran 109 ribu sampai 200 ribu.

Harga baju menyusui murah bagus Baju menyusui terbaru 2016 Baju ibu menyusui murahKalau apron menyusui, seingat saya, pernah punya 4 apron menyusui dengan merk yang berbeda dan yang paling enak merk Pupsik Studio ini. Saya rekomendasikan untuk dijadikan kado bagi ibu pasca melahirkan. Harganya di kisaran 70 ribu sampai 80 ribu. Beli online di Tokopedia dan Bukalapak juga banyak.

Salam,

signature citandy

26,867 total views, 14 views today

Leave a Reply