Sudahkah Anak Anda Mendapat Vitamin A?

posyanduBulan Februari dan Agustus dikenal dengan bulan Vitamin A karena hanya di 2 bulan tersebut ada kegiatan pembagian vitamin A. Program pembagian vitamin A ini gratis, jadi nggak ada biaya sama sekali. Kemarin saya membawa Ziva ke posyandu dekat rumah. Hari Seninnya sudah izin ke atasan kalo hari Selasa saya masuk siang karena ada pembagian vitamin A di posyandu. Dulu waktu Agustus 2014 kegiatan ini ada juga di posyandu dekat rumah, tapi waktu itu Ziva masih 4 bulan jadi saya tunda sampai bulan Februari ini.

Vitamin A tidak diproduksi oleh tubuh kita sehingga harus diperoleh dari luar dari makanan atau suplemen. Kalau dari makanan bisa dari hati, telur, minyak ikan, mentega, sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, daun singkong, sayuran dan buah berwarna jingga seperti wortel dan pepaya. Kalau suplemen ya bentuknya kapsul seperti yang dibagi-bagikan gratis ini. Ada dua jenis kapsul vitamin A ini. Kapsul berwarna biru untuk bayi berusia 6 sampai 11 bulan, sedangkan kapsul yang berwarna merah untuk balita berusia 1 sampai 5 tahun. Kapsul vitamin A yang warna merah bisa juga diberikan kepada ibu yang habis melahirkan yang masih dalam masa nifas.

Ziva kemarin dikasih yang warna biru karena kan masih 10 bulan. Tiba di posyandu, Ziva ditimbang dulu sambil duduk. Setelah itu baru deh pemberian vitamin A-nya. Ujung kapsul digunting kemudian ditetesin ke mulut Ziva. Secara ya Ziva tuh kan susah banget kalo disuruh buka mulut. Jadinya pake acara drama gitu lah. Saya megang kedua tangan Ziva karena dia berontak saat petugas posyandu megang mulut dia untuk netesin si vitamin A itu. Pas lagi ditetesin Ziva sambil nangis, jadinya beleberan deh. Setelah itu Ziva dikasih KMS. Pas mau ngisi KMS, petugas posyandu nanya tadi nimbang berat badan Ziva berapa dan panjang badannya berapa. Saya jawab berat 8,2 kg tapi tadi nggak diukur panjang badannya. Eh disuruh ukur dulu panjang badannya. Balik lagi ke meja penimbangan. Eh si ibu yang di meja penimbangan bilang nggak ada meterannya. Saya balik lagi ke si ibu yang mau nulis KMS bilang katanya alat ukurnya nggak ada. Si ibu bilang ada kok sambil jalan ke meja penimbangan. Terus dia ngutak-ngatik bagian pinggir timbangan digital yang ada di meja. Ternyata dari bagian dalam body timbangan itu ada meteran yang menempel dan bisa ditarik ulur 😀 Ziva drama lagi deh pas mau diukur panjang badannya. Kan saya baringin badannya di timbangan, eh dia berontak lagi sambil nangis. Dia tau aja timbangannya keras nggak enak untuk berbaring 😀 Lumayan lah panjang badan Ziva usia 10 bulan sudah 70 cm.

Selesai KMS diisi, kemudian dikasih ke saya sambil ngasih susu UHT kotak. Berhubung Ziva belum waktunya minum susu UHT, jadinya saya yang minum deh 😀

Ayo, mumpung masih bulan Februari, untuk ibu-ibu yang punya bayi dan balita yang belum mendapatkan vitamin A bisa datang ke posyandu/ puskesmas/ fasilitas kesehatan terdekat.

Salam,

signature citandy

2,463 total views, 4 views today

2 comments

    • Cita says:

      Halo Mak…salam kenal 🙂 Wah hebat euy aktif di Posyandu…Kalo saya ya baru kemarin itu ke Posyandu pas ada pembagian vitamin A. Salam sukses juga ya 🙂

Leave a Reply