Zivara 8-9-10 Bulan

Ziva 8mo

Ziva 9mo

Ziva 10moRekapan milestone Ziva dari umur 8 sampai 10 bulan jadi satu postingan borongan 😀  

Tanggal 1 Desember 2014 pas kontrol ke dokter Frengky, berat badannya turun menjadi 7,1 kg (7 bulan 21 hari) karena Ziva diare. Sedih juga liat Ziva lemes, matanya sayu dan nggak nafsu makan. Tanggal 23 Desember 2014 balik lagi ke dokter Frengky karena Ziva kena roseola infantum. Sempat nimbang berat badannya di nurse station sudah naik lagi menjadi 7,4 kg (8 bulan 12 hari).

Harusnya nih pas umur 9 bulan, Ziva imunisasi campak. Eh hari Minggu tanggal 11 Januari 2015 kita malah jalan-jalan ke IKEA. 5 hari kemudian  Ziva panas tinggi kemudian keluar ruam merah. Tadinya saya khawatir banget Ziva kena campak karena belum diimunisasi. Tanggal 20 Januari 2015 lagi-lagi kami membawa Ziva ke DSA Frengky karena penyakit yang sama seperti bulan Desember 2014 🙁 Walaupun begitu lumayanlah berat badannya naik jadi 7,6 kg (9 bulan 9 hari). Menurut diagnosa dokter Frengky, Ziva bukan kena campak melainkan roseola infantum lagi. Jadi setelah ruam merah roseola ini hilang wajib untuk imunisasi campak.

Sembuh dari roseola, eh hidung Ziva meler plus bersin-bersin sekitar 5 hari. Jadi Ziva baru imunisasi campak tanggal 10 Februari 2015 di bidan dekat rumah. Baru kali ini nih imunisasi molor sampe sebulan. Nebeng nimbang berat badan Ziva di rumah ibu bidan. Alhamdulillah udah naik jadi 8,1 kg. Selang seminggu, pas lagi ada pembagian vitamin A di posyandu dekat rumah, sebelum ditetesin vitamin A-nya, Ziva ditimbang dan diukur panjang badannya. Hasil timbangan Ziva 8,2 kg, panjang badannya 70 cm (10 bulan 6 hari). So far sih menurut petugas posyandu, berat badan Ziva masih masuk kategori normal, karena dilihat di grafik KMS masih di warna hijau.

Perkembangan motorik kasar Ziva sejauh ini sudah bisa merangkak (lebih tepatnya sih ngesot). Gaya ngesot Ziva itu hanya bertumpu pada lutut kanan sedangkak kaki kiri diseret. Selain itu Ziva sudah bisa duduk sendiri, berusaha berdiri sendiri jika ada tumpuan, berguling bahkan memanjat badan saya atau ayahnya kalau kita lagi kruntelan bertiga di kasur. Wilayah jelajah ngesot Ziva yang tadinya hanya di sekitaran ruang TV sudah merambah ke teras dan ke dapur padahal untuk ke dapur harus naik satu undakan. Nggak bisa liat pintu depan kebuka, langsung ngesot cepet banget ke luar 😀

Sedangkan perkembangan motorik halus Ziva, sudah bisa melambaikan tangannya kalau kita bilang dadah, menjimpit benda kecil menggunakan jari telunjuk dan jempol, menunjuk ke arah tertentu menggunakan jari telunjuknya, bisa minum dari gelas biasa, gelas yang ada moncongnya dan menggunakan sedotan, bisa memasukkan makanannya sendiri ke dalam mulut menggunakan tangan dan memukul-mukulkan serta melempar benda atau mainan yang dipegang. Untuk urusan menjimpit benda kecil ini jagoan banget deh si Ziva. Dari mulai remahan biskuit/ roti, potongan kertas, bangkai nyamuk/ semut, sampe rambut saya yang rontok di lantai bisa dia pegang dan tentunya kalau nggak diawasi langsung hap masuk mulut. Benda yang sering jadi korban kegaharan Ziva adalah koleksi kartu pos saya. Paling happy dia kalau sudah ngacak-ngacak kartu pos. Ada beberapa kartu pos saya yang sudah nggak berbentuk  karena digigit Ziva bahkan tertelan. Selain kertas, benda-benda nggak lazim lainnya yang sempat masuk mulut Ziva antara lain tutup pulpen, uang logam 500 yang kuning, akrilik pecahan tutup wadah bedak, untung aja sempat ketauan langsung deh jari kita masuk ke mulutnya, ngodok-ngodok supaya benda-benda itu nggak tertelan =__=

Perkembangan bahasa Ziva makin cerewet ngocehnya. Kalo disuruh bilang ayah jadinya adadada, kalo disuruh bilang ibu jadinya abhuuuuu 😀 Ziva sudah lumayan menangkap arti kata no sebagai tanda larangan. Bakal gigi pertamanya sudah mulai terlihat di bagian bawah, sudah agak nyembul-nyembul warna putih 2 biji 😀 Satu lagi nih. Gaya tidur Ziva. Dari mulai gaya angkat kaki sampai gaya Superman mau terbang. Kadang kalo pas malem tiba-taba saya kebangung, kepala Ziva sudah ada deket pantat saya =__= Satu lagi hal menyenangkan dari Ziva. Kalau lagi senyum. Manis banget. Bikin luluh!

Alhamdulillah, bersyukur banget sejauh ini perkembangan Ziva sesuai dengan milestone.

Salam,

signature citandy

3,408 total views, 2 views today

Leave a Reply