MPASI Perdana Ziva

Holaaaaa, apa kabar perjalanan memberikan MPASI untuk Ziva dari awal sampai di hari ke 25 hari ini? Alhamdulillah so far so good. Awal-awal saya masih gagap, maklum sehari-hari aja jarang masak untuk makan saya dan suami. Lah ini untuk anak piyik mau nggak mau harus berjibaku di dapur demi membuat MPASI rumahan untuk Ziva. Ya, saya memang bertekad untuk memberikan Ziva makanan rumahan untuk MPASI-nya. Saya nggak anti-anti amat sih dengan makanan bayi instant. Tapi kalo masih bisa buat sendiri dari bahan yang fresh kenapa harus yang instant. Resikonya ya saya jadi semakin repot. Apalagi di hari kerja. Dari mulai abis sholat subuh saya udah kukulintingan di dapur. Dulu biasanya abis sholat subuh hobi saya ya tidur lagi 😀 Sekarang mana bisaaaaaa -_-

Untuk MPASI hari pertama Ziva, saya memutuskan untuk memberikan puree alpukat yang dicampur ASIP. Episode MPASI hari pertama Ziva berjalan agak-agak penuh drama. Jadi Sabtu pagi kami ke rumah sakit dulu untuk imunisasi Ziva. Pulang dari rumah sakit saya langsung sibuk di dapur bikin si puree alpukat itu. Sementara Ziva main dengan ayah di kamar. Awalnya abis dikerok, daging alpukatnya saya masukin food processor terus saya nyalain alatnya. Eh susah halusnya. Ya iya lah dikit gitu daging alpukatnya. Gimana mau halus. Terus saya campur air, masih susah juga. Saya makin panik hahaha…Akhirnya saya bejek-bejek aja di saringan. Abis itu saya lupa nggak ada stok ASIP yang cair. Buru-buru pumping. Pas lagi pumping Ziva mulai rewel dan nangis. Akhirnya jadi juga puree alpukat+ASIP perdana buatan ibu yang agak keenceran (_ _!!)

20141012_110017

Dengan sisa-sisa air mata bekas nangis, Ziva memulai MPASI perdananya. Karena belum punya kursi makan, jadinya sementara pake bouncer yang ada dulu. Eh di bouncer Ziva malah gerak-gerak terus. Akhirnya makan sambil dipangku ibu sambil disuapin sama ayah gantian dengan ibu. Awalnya untuk memancing supaya mulutnya mangap, Ziva saya beri sendok lain. Eh pas giliran sendok yang isi puree mau saya suapin ke mulutnya, sendok yang untuk mainan saya ambil, Ziva nangis. Perjuangan banget ini mau ngasih makan bocah cilik.

Fotor110410515

Fotor1104105427

Akhirnya situasi mulai terkendali. Tapi saat disuapin, tangan Ziva udah ikut-ikutan masuk ke dalam mulutnya. Mulut celemotan, celemek kotor penuh dengan si puree yang belepotan 😀 Alhamdulillah Ziva doyan nih dengan alpukat, walaupun makannya nggak habis. Ya iya lah. Menurut buku panduan MPASI dari WHO, kapasitas lambung bayi itu tidak lebih dari 200 ml. Jadi jangan harap porsi makan Ziva di awal-awal bakal sebakul kayak ibu 😀 Secara teori, bayi yang baru saja belajar makan cukup kenyang dengan 1-2 sendok makan (dewasa) makanan padat, sisanya tetap ASI/ sufor. Kalau Ziva karena nggak minum susu formula, ya kalo dia abis makan masih rewel, langsung jejelin nenen aja deh, beres 🙂

Selama 25 hari berjalan ini, menu MPASI Ziva masih bongkar pasang, mengikuti stok bahan baku yang ada di kulkas aja 😀 Sesekali saya kasih tepung gasol juga sih. Saya punya stok tepung gasol beras merah, beras coklat, jagung, dan pisang. Dua minggu pertama, jadwal makan Ziva masih sekali sehari dengan menu tunggal buah atau sayur. Masuk minggu ketiga, jadi sehari dua kali, pagi dan siang. Menu makan siangnya udah saya kasih makanan yang mengandung karbohidrat campur puree sayur atau buah.

Sejauh ini, saya udah mulai nggak gagap lagi bikin puree-puree untuk makanan Ziva. Awalnya ketika menu makan siang udah campuran karbohidrat dan sayur atau buah, saya masih pisah-pisah saat ngeblendernya. Tapi kesini-sininya untuk menghemat waktu saya campur aja langsung jadi satu di blender. Prinsipnya untuk bikin puree sayur/ buah adalah kupas (untuk sayur/ buah yang harus dikupas), kukus dan haluskan (bisa menggunakan cara manual atau blender).

Seminggu lagi Ziva masuk 7 bulan. Jenis buah dan sayur yang boleh dikonsumsi akan semakin bertambah. Rencananya nanti masuk 7 bulan minggu ketiga akan saya perkenalkan dengan lauk pauk yang mengandung protein seperti tahu, tempe dan daging ayam. Mudah-mudahan Ziva makannya lancar terus dan sehat terus. Aamiin.

Salam,

signature citandy

4,727 total views, 4 views today

Leave a Reply