10 Produk Perlengkapan Bayi Favorit Pilihan Saya

Zaman dulu belum menikah apalagi punya anak, mana tahu ASI bisa dipompa kemudian disimpan, mana tahu ada alat untuk sterilisasi perlengkapan makan dan minum bayi, tahunya botol dot ya sebelum digunakan harus direbus *LOL*. Gendongan bayi cuma tahunya yang model kain jarik, yang sampai Ziva mau usia 2 tahun saya masih nggak bisa menggunakannya 😀

Setelah menikah, kemudian hamil baru deh cari-cari informasi mengenai berbagai perlengkapan kebutuhan bayi. Ternyata banyak banget ya…dari yang merk yang harganya bisa sampai yang merk harganya selangit.

Nah, postingan ini mengenai 10 produk bayi favorit pilihan saya. Macam-macam sih dari mulai breastpump sampai gendongan bayi.

Breastpump (Medela Swing dan Harmony)

Umur penggunaan: newborn – 18 bulan.

Saya punya dua jenis breastpump merk Medela yaitu Swing (jenis elektrik) dan Harmony (manual). Breastpump pertama yang dibeli adalah Medela Swing. Dulu beli hasil baca review sana sini. Beli waktu belanja perlengkapan bayi di Bandung. Medela Harmony saya beli di Lazada pada saat Medela Swing saya rusak. Saya memang berhenti pumping di kantor saat Ziva usia 18 bulan, tapi kalau saya di rumah, Ziva masih menyusui. Saat ini kedua breastpump sudah masuk tempat penyimpanan. Rencananya sih si Medela Swing mau saya service lagi untuk maintenance aja karena kan sudah kerja rodi selama 1,5 tahun, tapi belum sempat aja nih. Oya, Medela Harmony-nya nggak kefoto karena sudah masuk box container 😀

03-a(Baca: Ketika Breastpump Andalan Unjuk Rasa)

Cooler bag (Medela Cooler Bag City Style)

Umur penggunaan: dari saya mulai masuk kerja pasca cuti melahirkan – 18 bulan. Untuk hand bag-nya masih digunakan sampai sekarang.

Tahu ada cooler bag Medela ini kena racun dari sini. Pas nemu barangnya di Fanny Baby Shop, Bandung langsung deh masuk ke keranjang belanja 😀 Bentuknya nggak seperti cooler bag pada umumnya. Di dalam kemasannya ada satu hand bag, satu cooler bag, satu buah blue ice, empat buah botol Medela 150 ml.

02-a

Sterilizer (Panasonic Dish Dryer)

Umur penggunaan:  sampai sekarang masih digunakan.

Benda yang dipengenin banget nih. Tapi waktu itu kepalang sudah beli sterilizer Phillips Avent second dari teman. Nah pas teman-teman saya dari Laskar Pelancong nanya saya mau kado lahiran apa, saya bilang aja mau benda ini hehehe…Alhamdulillah kesampaian juga. Akhirnya sterilizer Phillips Avent masuk kandang deh dan dish dryer ini masih digunakan sampai sekarang.

01-a

Baby bather dan bak mandi

Umur penggunaan: newborn – 12 bulan

Baby bather ini sangat berguna banget saat saya memandikan Ziva sampai dia bisa duduk sendiri di usia sekitar 9-10 bulan, setelah itu saya mandikan Ziva menggunakan bak mandi. Saat Ziva sudah bisa berdiri, kedua benda ini pun pensiun.

06-a

Young Living essential oil

Umur penggunaan: newborn – sampai sekarang

Sebenarnya ini bukan produk khusus bayi, tapi essential oil (EO) ini jadi andalan saya kalau Ziva sakit. EO Myrtle dan EO R.C., saya gunakan kalau Ziva flu, batuk, pilek. Ada lagi EO Lavender, ini bisa dibilang minyak sejuta umat. Fungsinya banyak banget seperti mengobat gatal-gatal, luka, memar, benjol, untuk efek rileks, penyubur rambut (dipakai bersama dengan EO Cedarwood). Andalan untuk penangkal virus ada EO Thieves. EO Lemongrass untuk penambah nafsu makan. EO Peppermint untuk pereda saat anak demam. Harga essential oil ini cukup menguras dompet tapi sebanding dengan fungsinya.

05-a

Tissue basah (Cussons Baby Wipes dan Mamypoko Tissue Ganti Popok)

Umur penggunaan: newborn – sampai sekarang

Tissue basah yang Cussons Wipes andalan kalau pergi ke luar rumah, benda yang satu ini jangan sampai ketinggalan. Kalau yang Mamypoko tissue ganti popok jadi andalan saya waktu Ziva masih newborn untuk bersihin bekas pipis dan bekas pupnya. Sekarang juga kadang-kadang masih digunakan kalau pas pergi ke luar rumah, pas Ziva pipis atau pup susah cari toilet atau air bersih.

08-a

Gendongan Ergo dan gendongan sling

Umur penggunaan: newborn – sampai sekarang

Kedua gendongan ini sama-sama kado 😀 Yang Ergo walaupun KW tetap enak kok digunakannya. Apalagi Ergo original yang harganya jutaan yak 😀 Gendongan yang sling juga kado, satu set dengan selimut bayinya, tapi nggak pernah digunakan, jadi saya jual aja di Instagram 😀 Gendongan sling ini juga masih digunakan sampai sekarang, untuk gendong Ziva kalau ikut saya ke pasar dan lagi malas pakai Ergo.

07-a

Slow cooker (Takahi)

Umur penggunaan: 7 bulan – sampai sekarang

Slow cooker ini juga kado dari teman-teman Laskar Pelancong. Dulu berguna saat bikin kaldu daging/ ayam untuk MPASi Ziva. Sekarang masih saya gunakan. Pernah untuk masak daging gepuk. Tinggal cemplung-cemplung sebelum tidur, besok paginya daging sudah matang dan lembut. Waktu mau masak pindang tulang juga pernah menggunakaan slow cooker ini. Daging plus tulang dimasukan, tambah air, besok paginya daging sudah lembut, tinggal pindahin ke panci, tambah bumbu-bumbu. Kalau baru rebus daging pagi-pagi manalah keburu 😀

04-a

Bottle warmer (Crown)

Umur penggunaan: newborn – 18 bulan

Bottle warmer ini berguna banget untuk menghangatkan ASIP sebelum diminumin ke Ziva. Sejak saya berhenti pumping otomatis alat ini pun masuk kandang 😀 Dulu beli di Fanny Baby Shop juga sama dengan Medela Swing dan Cooler Bag Medela City Style.

09-a

Wet and Dry Food Processor (Crown)

Umur penggunaan: 6 bulan – sampai sekarang

Food processor ini kado dari Mama Dria. Dulu digunakan untuk membuat MPASI Ziva seperti tepung beras merah, puree buah-buahan dan sayuran. Sampai sekarang masih digunakan untuk buat jus buah Ziva karena blender punya saya kan sudah terkontaminasi bekas ngeblender cabai, bawang, dll 😀

10Kalau produk perlengkapan bayi favorit anda apa saja? Boleh dong dishare 🙂

Salam,

signature citandy

10,705 total views, 7 views today

Leave a Reply