Baju Menyusui, Perlu Atau Nggak?

Sejak baju seragam kantor sudah nggak muat lagi karena perut semakin membuncit, saya merasa membeli baju hamil itu suatu keharusan kebutuhan. Saya sempat membeli beberapa baju hamil yang sekaligus baju menyusui untuk dipakai ke kantor sekaligus pergi-pergi *emak2 nggak mau rugi*. Maksudnya sih supaya setelah melahirkan bajunya masih bisa dipakai. Dulu sebelum melahirkan, koleksi baju hamil+menyusui saya rata-rata model bukaan menggunakan resleting (resleting Jepang) dan kancing depan, karena taunya ya cuma model itu yang saya lihat di online shop. Untuk model baju hamil+menyusui model bukaan tersebut saya pernah beli di Toko Baju Hamil. Bahannya rata-rata katun dan kaos.

Ternyata setelah Ziva lahir dan baju-baju tersebut saya pakai, model bukaan menggunakan resleting dan kancing depan itu bikin repot. Sambil gendong Ziva pakai kain gendongan, harus membuka resleting atau kancing depan satu per satu, belum lagi kalau resletingnya nyangkut dan Ziva sudah keburu ngamuk minta nenen. Wah, saya bisa stress duluan. Ya bukan berarti salah model bajunya juga sih. Sayanya aja kali ya yang nggak terbiasa.

Akhirnya saya browsing-browsing, mencari baju menyusui yang model bukaannya bukan resleting atau kancing depan. Alhamdulillah makin ke sini model bukaan baju menyusui semakin praktis. Desain dan warnanya semakin bagus. Model bukaannya di samping, kalau ingin menyusui tinggal dibuka tanpa harus repot membuka resleting atau kancing depan. Tinggal plug and play 😀

Ada beberapa online shop tempat saya pernah beli baju menyusui dan barangnya OK *ya ya ya baju menyusui yang saya beli semua hasil kalap belanja di online shop* *kekepin token internet banking*

1. Mamigaya Baju Menyusui

Waktu itu saya beli gamis menyusui ini, kebetulan sedang ada promo diskon 10%. Model bukaan samping kanan kiri, bahan spandex jersey.

10632150_1481898352059575_1858461461_n

Sumber: www.facebook.com/mamigaya.bajumenyusui

2. Baju Hamil Menyusui aMOMzing

Di online shop ini saya beli atasan menyusui warna olive. Model bukaannya di samping kanan kiri tanpa resleting. Bahan spandex jersey.

Sumber: http://www.bajuhamilmenyusui.com

Sumber: http://www.bajuhamilmenyusui.com

3. Bajoe Nyoesoe

Setelah muter-muterin toko di sejagad raya online shop, akhirnya nemu juga baju menyusui warna hijau mint 🙂 Saya beli atasan model lengan batwing. Bahan spandex jersey tipis. Bukaannya di samping kanan kiri tanpa resleting.

10604616_680943008657457_7221163494215438167_o

Sumber: https://www.facebook.com/bajoe.nyoesoe

4. Emeno Nursing Wear

Saya beli atasan kaos bahan spandex rayon warna biru. Nggak seperti online shop pada umumnya, pengiriman baju orderan untuk pelanggannya hanya menggunakan paper bag. Alhasil ketika barangnya sampai di tangan saya, kondisi paper bag sudah rusak terbuka yang dikemas ulang menggunakan plastik transparan (entah siapa yang mengemas ulang) dan resi yang saya terima malah alamat orang lain (_ _!). Saya sempat complaint sih ke CS-nya. Untung bajunya gak rusak atau sobek. Jadi mikir-mikir deh mau beli lagi di online shop ini karena harganya cukup premium untuk bahan sekelas spandek rayon yang gampang mulur-mulur. Model bukaannya walaupun tanpa resleting atau kancing, posisinya di atas, jadi agak susah ketika akan menyusui.

Sumber: www.facebook.com/pages/Emeno-Nursing-Wear

Sumber: www.facebook.com/pages/Emeno-Nursing-Wear

5. Mutsfamilyshop

Online shop ini bukan tempat khusus jualan baju menyusui sih. Selain baju, barang-barang yang dijual ada sabun, body scrub, pembersih rumah tangga, shampo dan kebutuhan untuk perawatan tubuh lainnya. Resiko belanja online ya memang harus ditanggung pembeli 😀 Saat bajunya saya coba (saya belinya emang ukuran L-XL sih), bagian bawahnya kepanjangan gitu deh, sampai di bawah lutut saya. Bagian dadanya pun kegedean. Modelnya ada karet di bawah payudara, jadi perut gendut saya sisa lahiran keliatan banget (_ _!) Tapi bukaannya yang model kanan kiri bikin praktis saat menyusui. Kalau yang putih polkadot hitam, bahannya adem. Saya beli ukuran S-M, jadi pas di badan saya.

Sumber: www.facebook.com/mutsfamilyshop

Sumber: www.facebook.com/mutsfamilyshop

Sumber: www.facebook.com/mutsfamilyshop

Sumber: www.facebook.com/mutsfamilyshop

6. Kafika by Ficca (Instagram)

Waktu order di online shop ini udah mepet mau libur lebaran. Jadi banyak stok yang kosong. Tadinya pengen model ini tapi warna hijau mint, berhubung habis jadinya pesan yang warna dusty pink. Bahannya spandex jersey tebal. Akses menyusui menggunakan resleting di tengah, bagian luar ada lapisannya lagi. Saat menyusui agak ribet sih, apalagi kalau Ziva sudah keburu nangis, sementara saya masih sibuk narik-narik resleting. So far sih, kadang resletingnya sering saya biarkan terbuka supaya gampang kalo Ziva mau nenen, toh kan masih tertutup lapisan luarnya.

Sumber: Instagram Kafika by Ficca

Sumber: Instagram Kafika by Ficca

7. Mommina Nursing Clothing – Baju Menyusui

Model bajunya cukup banyak sih. Saya hanya beli tank top stripes warna blue navy buat dipake bareng cardigan warna biru dongker saya yang sudah dibeli dari lama.

Sumber: www.facebook.com/momminanursingclothing

Sumber: www.facebook.com/momminanursingclothing

Note: Semua foto-foto di atas saya ambil dari web/ IG/ FB masing-masing online shop. Nggak sempat mau foto punya sendiri 😀

Selain yang saya sebutin di atas, ada beberapa online shop lain yang juga menjual baju menyusui, saya belum pernah pesan sih, tapi saya lihat model-model bajunya cukup bagus 🙂

2. Baju Menyusui Comfiks-Nuratina

3. Baju Menyusui Malika

4. Gea Shop Baju Menyusui

5. Butik ChicMom ‘Nursing Wear

6. Nyonya Nursing Wear

7. BerryBlues Baju Menyusui

8. Nyonya Nursing Wear

9. Elmomiree Boutique

Jadi, gimana kesimpulannya? Baju menyusui itu perlu atau nggak sih? IMHO, perlu banget apalagi untuk para ibu menyusui yang suka beraktivitas di luar rumah tapi tetap ingin menyusui bayinya tanpa harus terlihat vulgar dan tentu saja tetap gaya dong 🙂 Kedipin ayah supaya boleh beli baju menyusui lagi :D.

Salam,

signature citandy

3,612 total views, 6 views today

Leave a Reply