Kapok Belanja di Aplikasi Shopee ID dan Menggunakan Kartu Kredit Citibank

Kapok Belanja di Aplikasi Shopee ID

Postingan ini bukan untuk menjelekkan pihak manapun, postingan ini murni menceritakan apa yang saya alami.

Sudah 7 tahun saya menjadi nasabah kartu kredit Citibank. Selama itu kartu kredit saya pernah kebobolan satu kali. Saya lupa tahun berapa dan berapa jumlahnya. Pada saat itu bisa disanggah dan saya nggak perlu membayar tagihan yang memang bukan saya yang bertransaksi. Saat itu memang kartu kredit Citibank saya belum saya tutup alias masih digunakan.

Nah bulan April lalu, lagi-lagi kartu kredit Citibank saya dibobol orang. Jumlahnya nggak tanggung-tanggung. 900 USD!!! 12 juta lebih meeeeeen. Hari gini, 100 rupiah aja berarti apalagi 12 juta! Kronologisnya tanggal 8 April 2016 pagi tiba-tiba saya dapat 2 notifikasi melalui SMS dari Citibank seperti di bawah ini. Padahal kan biasanya Citibank itu menggunakan sistem OTP (one time password), alias OTP dikirimkan dulu melalui SMS ke kita, baru transaksi bisa dilakukan. Ini mah sebelumnya nggak ada OTP-OTPan, tahu-tahu ada SMS notifikasi kalau kalau kartu kredit saya dipakai untuk melakukan transaksi. Tadinya saya nggak tahu LOWE’S itu apa. Pas browsing-browsing baru tahu kalau LOWE’S itu sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang jasa penjualan bahan bangunan dan renovasi rumah.

Kapok Pakai Kartu Kredit CitibankLangsung bilang ke suami, suami langsung menyuruh saya menelepon ke call center Citibank pagi itu juga. Ke bagian call center saya menjelaskan bahwa kartu kredit saya sudah dibobol orang, transaksi di LOWE’S itu bukan saya yang melakukan. Kagetnya lagi, ternyata menurut pihak call center ada tiga transaksi yang nilainya menggunakan mata uang USD. Selain dua yang di LOWE’S, satu lagi di Home Depot Zero Auth. sebesar 1 USD. Memang sih cuma 1 USD, tapi kan nyesek juga.

Suami tanya saya terakhir transaksi di merchant apa. Seinget saya terakhir itu beli tiket mudik di websitenya Garuda Indonesia dan Citilink. Tapi setelah saya kroscek, ternyata sebelum kejadian kartu kredit saya dibobol, saya terakhir belanja online di aplikasi Shoppe ID.

Awalnya pihak call center Citibank bilang itu transaksi online, Bu, bisa dilakukan darimana saja, dan sudah ada persetujuannya. Saya bilang persetujuan gimana, wong notifikasi OTP aja nggak ada. Akhirnya solusi pada saat itu kartu kredit saya diblokir dan saya akan mengirimkan surat sanggahan. Oleh call center ditawarkan kartu kredit pengganti untuk dikirim fisiknya, saya nggak mau. Saya bilang tunggu sampai masalah ini selesai dulu.

Besoknya, tanggal 9 April 2016, saya kirimkan surat sanggahan ke pihak Citibank melalui email ke edocument@citi.com. Setelah itu saya telepon lagi ke call center Citibank, saya ceritakan lagi kronologisnya dan bilang saya sudah mengirimkan surat sanggahan. Nah, tagihan kartu kredit saya kan biasanya dikirim lewat email di kisaran tanggal 11-13 setiap bulannya. Jadi saya tanya tuh, kan saya sudah kirim surat sanggahan, berarti di tagihan bulan April nggak tertagih kan itu tiga transaksi bodong itu. Petugas call center-nya malah bilang, investigasi kasusnya bisa mencapai 117 hari. Jadi transaksi bodong itu akan tetap tertagih. Saya bilang, saya nggak mau bayar tiga transaksi itu karena bukan saya yang melakukan. Petugas call center-nya kemudian bilang lagi kalau yang terbukukan hanya dua transaksi di LOWE’S, sedangkan transaksi yang Home Depot tidak terbukukan. Dia menyarankan supaya saya bayar dulu itu tagihan 900 USD, nanti kalau sudah terbukti benar bahwa bukan saya yang melakukan transaksi, bisa dikreditkan lagi. Saya jelas nggak mau dong. Walaupun saya punya uang segitu juga saya akan tetap nggak mau bayar. Saya keukeuh nggak mau bayar. Petugas call center-nya bilang nanti saya akan dihubungi lagi oleh dia. Selang beberapa menit, saya ditelepon, petugas call center bilang, kalau nanti tagihan yang dibayar, tinggal dikurangi nilai yang 900 USD. Saya bilang lagi, nanti kalau saya nggak bayar yang 900 USD, saya kena bunga dong di tagihan bulan berikutnya. Petugas call center-nya bilang kalau nanti ada bunga yang tertagih, bisa dikreditkan kembali. OK, deal. Seenggaknya saya nggak perlu bayar tagihan yang 900 USD. Tapi gara-gara tagihan kartu kredit Citibank saya yang bulan April melonjak, saya jadi kena charge untuk creditshield sebesar 128 ribuan. Padahal biasanya charge creditshield tiap bulan hanya di kisaran 20 ribuan. Saya tanya, apa bisa itu creditshield saya dikreditkan setelah dikurangi tagihan yang 900 USD, kata petugasnya nggak bisa. Haissss. Yowes lah anggap aja sedekah -__-

Ketika tagihan kartu kredit Ctitibank bulan Mei 2016 muncul, saya cek memang tagihan yang 900 USD itu sudah nggak ditagihkan. Tapiiiii saya kena over limit fee sebesar 125 ribu -__- Karena tagihan bulan lalu memang melebihi limit kartu kredit Citibank saya. KZL pake BANGET!!! Terpaksa saya telepon lagi deh call center Citibank-nya. Saya bilang saya nggak mau kena charge over limit fee. Petugasnya bilang, OK, Bu akan kami proses ya permintaan penghapusan over limit fee-nya. Wew, untung saya teliti ngecek satu per satu setiap transaksi yang ada di tagihan kartu kredit saya. Coba kalau saya main bayar-bayar aja tagihannya, enak banget tuh pihak Citibank dapat uang gratisan 125 ribu. Kaliin aja berapa banyak nasabahnya yang kena charge over limit fee seperti saya terus nggak teliti.

Dari dulu sejak kasus kartu kredit Citibank saya kebobolan yang pertama, suami sudah menyuruh untuk tutup saja. Tapi saya masih bandel 😀 Dengan adanya kejadian ini saya jadi kapok belanja di aplikasi Shopee ID karena sangat tidak aman, rentan terjadi pembobolan dan makin mantap niat saya untuk menutup kartu kredit Citibank saya kalau semua tagihan saya sudah lunas. Capek hati, tenaga, pikiran dan pulsa euy. Bolak-balik telepon melulu ke Citibank ngurusin kasus ini -__-

Ada yang bisa share cara menutup kartu kredit Citibank? Dengar-dengar katanya prosesnya ribet dan susah ya -__-

Salam,

signature citandy

 

93,363 total views, 4 views today

48 comments

    • Cita says:

      Makasih sudah mampir, Mak 🙂 Iya, makanya saya belain nelepon lagi ke call centernya supaya over limit fee yang 125 ribu itu bisa dikreditkan kembali

  1. turiscantik says:

    Oalah turut prihatin ya mbak saya kebetulan ngak pnya credit card paling pakai pnya suami itu pun kadnag aja

  2. widydarma says:

    E-commerce sekarang banyak ngejebak juga sih. Suka ada tulisan ‘Simpan informasi kartu kredit’ setiap transaksi pake cc. Otomatis nomor cc smp cvcnya keliatan. Seandainya bisa jebol akun e-commerce kita dan ada info cc-nya otomatis bisa ngejebol. Keknya ada blogger yg pernah ngalamin kayak gini juga deh.. Hiks..

    Aku klo belanja online berusaha detil liat setiap kolom formnya, jangan sampe keceplosan nyimpen informasi keuangan, apalagi password e-banking sama cc.

    • Cita says:

      Waktu itu aku buka aplikasi Shopee ID di ponsel, mungkin aku kurang teliti juga ngeliat kolom form-nya. Dulu di Lazada aku pernah simpan informasi CC maksudnya supaya kalo pas belanja nggak usah masuk2in lagi nomor CC, tapi sekarang sudah aku hapusin semua, ngeri.

      • Vina says:

        Maaf mbak, mau tny sbntr. Klu belanja di shopee pakai transfer melalui ATM, aman gak ya? Soalnya stlh baca kejadian yg mbak alami jd takut kayaknya.

    • Cita says:

      Kalau yang 900 USD sudah selesai sih urusannya, tinggal yang 125 ribu, tunggu bulan depan. Makasih sudah berkunjung 🙂

  3. yunika says:

    semua cc sih rentan mbak…. adikku dibobol dgn angka fantastis, butuh setahun lebih utk ‘clear’. lah wong emang gak pake dan kejadian selalunya memang dibobol dari amerika.

  4. Fanny f nila says:

    shoppe ya mak… okelah, aku ga bakal mau belanja di sana.. tapi memang olshop apapun harus hati-hatiii bgt ya -__- . alhamdulillah ampe skr CC ku blm prnh kebobolan, amit2 jgn sampe 🙁 .. aku ga tau penutupan CC citibank, tapi krn aku jg kerja di bank asing kompetitor citibank :D, harusnya sih sama aja caranya ama CC dari bankku.. Kalo di kita sih, cukup telp call centrenya utk penutupan, ntr mereka akan cek apa semua tagihan udh selesai, dan kemudian tutup.. kalo memang masih ada, mereka akan ksh tau brp jumlahnya, trs kita byr dulu di teller ato melalui net banking, dan kemudian inform banknya lagi. trs tutup deh..

    harusnya citibank ga jauh beda juga caranya 🙂

    • Cita says:

      Iya di Shopee, mungkin kalau pembayaran pakai transfer bank masih relatif aman ya. Nanti kalau tagihan saya sudah beres semua, mau coba nutup CC via call center-nya. Mudah2an bisa. Thanks informasinya ya Mak 🙂

  5. Reisha says:

    Saya udah beberapa kali belanja di Shopee ID karena masih promo free ongkir. Maklum ongkir ke Kalimantan sini lumayan, hehe. Sejauh ini alhamdulillah ga ada masalah. Tapi memang saya bayarnya via transfer.

    Moga segera kelar ya mbak masalahnya.

    • Cita says:

      Iya Mak, serem. Alhamdulillah yg 900 USD sudah nggak ditagih, tinggal beresin tagihan yang masih ada trus tutup CC-nya 🙂 Makasih Mak

    • Cita says:

      Iya Mak, Alhamdulillah proses supaya bisa dicancel-nya relatif cepat, nggak harus sampai berbulan-bulan.

  6. Hendra says:

    Saya kena di cc panin tanggal 13 juli 2016 dini hari antara jam 1-2 pagi. Kena usd 1302 dengan 4 kali transaksi di tickmill.com london. Semoga happy ending spt cerita Ibu. Jam 7 pagi begitu baca sms saya langsung telp call centre panin. Kartu diblokir dan disuruh telp lagi jumat krn transaksi belum diposting katanya. Untung saya tidak percaya jadi sore hari berkat bantuan teman dipanin yg kenal headnya cc panin, saya dicall back oleh customer care panin dan saya langsung minta surat sanggahan dikirim formatnya. Selain itu juga saya meminta kejelasan mengenai tagihan usd 1302. Kata petugasnya tidak akan muncul ditagihan. Itu saya tanyakan berkali2 dan jawabannya difreeze. Jadi sore itu juga saya selesaikan sanggahan tsb dikirim email jam 4.52 sore dan dua kali fax. Saya konfirmasi ulang dan sdh diterima katanya. Namun sesudah malamnya diskusi dengan teman di cc bca saya memutuskan tgl 14 pagi kontak ke call centre panin lagi utk memastikan proses berjalan lancar dan petugasnya memastikan bahwa surat sanggahan sdh diterima dan tagihan tidak muncul karena efeknya bisa ke kolektibitas 2 dibank indonesia kalau saya tidak membayar. Petugas menegaskan bahwa tidak akan muncul ditagihan dan tidak akan masalah di kolektibilitas. Namun di malam hari saya dikirim tagihan panin utk statement 13 juli 2016 krn kodenya memakai kartu baru jadi saya tidak bisa buka. Hari ini 15 juli 2016 saya dikirim sms kode pin dan nomor kartu baru sehingga saya bisa membuka statement kartu kredit panin. Saya langsung telp call centre panin. Dan jawabannya berbeda lagi seolah2 pembicaraan sebelumnya tentang freeze dan tidak muncul ditagihan tidak pernah terjadi. Tagihan baru ini juga hanya tickmill.com saja karena sebulan terakhir saya tidak menggunakan cc panin. yang menjadi keanehan saya kenapa transaksi tanggal 13 juli 2016 jam 1-an pagi bisa muncul ditagihan tanggal 13 juli 2016 dengan keterangan tanggal 12 juli 2016.

    Apakah ada yg punya pengalaman seperti ini. Mohon pencerahannya.

    Terima kasih atas informasi Bu

    • Cita says:

      Sebelumnya saya turut prihatin dengan kejadian yang bapak alami. Kalau masalahnya tidak bisa diselesaikan melalui telepon, mungkin bapak bisa datang langsung ke kantor Panin terdekat, sambil bapak bawa print tagihan yang tertera tagihan 1302 USD itu. Biasanya percakapan antara nasabah dengan call centre bank itu direkam, mungkin bapak bisa minta juga bukti rekamannya ke bank. Mudah2an masalahnya cepat terselesaikan dan happy ending ya pak.

  7. Nocturnalioness says:

    Halo mbak, terima kasih ya udah posting. Untung saya nemu tulisan mbak, karena baru aja nggak sampai 5 menit lalu mau nyelesaiin pembayaran di Shoppee pakai credit card tapi kok agak serem karena biasanya cuma belanja di Tokopedia, Bukalapak & Blibli yg udh termasuk senior. Takut kaya kasus di Lazada itu loh mbak, banyak yg dijebol cc-nya 🙁

    Semoga nggak kejebolan lagi ya mbak 🙂
    Have a nice day!

    • Cita says:

      Sekarang saya kalau belanja online mending via web daripada aplikasi di hp, takut kenapa2 lagi. Terus data CC juga jangan disave di akun kita. Untuk jaga2 aja. Terima kasih sudah mampir 🙂

  8. ghaniyah says:

    saya juga pernah mengalami hal yang sama. CC mandiri saya kena jebol setelah belanja di shopee id. jam 5 pagi dikejutkan dgn sms dari mandiri bahwa transaksi saya ke salah satu web games online berhasil sebesar USD 100 sebanyak 5 kali dan 2 kali gagal. langsung saya telp ke mandiri call dan akhirnya tagihan tersebut tidak ditagihkan ke saya. kapok bgt belanja online pake CC di shopee id.

    • Cita says:

      Alhamdulillah ya case closed, tagihannya nggak ditagihkan. Saya juga sudah nggak pernah lg belanja di Shopee ID, pakai CC maupun transfer bank.

  9. Joyce says:

    Tq sharingnya. Td mlm belanja di Sho*e*, tdnya mau byr dg kartu debit mandiri krn ada promo disc 10% dg pembayaran kartu kredit n debit mandiri. Tp stlh dipertimbangkan tkt resiko kebobolan, gak jd transaksi.
    Hr ini search info, ketemu artikel ini. Untung skl gak jd bayar td mlm dg iming2 disc 10%.😀

    • Cita says:

      Iya mbak kalau belanja pakai aplikasi saya jg kapok bayar pakai kartu kredit, mending pilih yg transfer. Kalau mau belanja pakai kartu kredit mending lewat website yg depannya htpps trus informasi data kartu kreditnya jangan disimpan 🙂

  10. jessica brown says:

    Selamat tahun baru untuk semua, Pada Jessicabrownfinancefirm, kami memberikan pinjaman dengan keringanan tahun baru untuk mereka yang mencari bantuan keuangan. proses pinjaman dapat dilakukan dari kenyamanan rumah Anda asalkan Anda tulus dan ingin pinjaman.
     Apakah Anda membutuhkan pinjaman nyata ?, Lupakan penipuan masih banyak perusahaan keuangan asli. Apakah Anda pernah ditolak oleh lembaga keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, khawatir tidak lagi karena @ JESSICABROWNFINANCEFIRM kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman dan berpengalaman yang memberikan pinjaman bebas kerumitan untuk individu dan badan hukum yang tulus dan serius, baik itu perusahaan, perusahaan dan kepada publik, pada tingkat bunga yang sangat rendah kurang dari 2%. Kami memiliki akses ke kolam uang tunai untuk diberikan kepada Kecil dan perusahaan skala menengah dan orang-orang yang memiliki rencana untuk memulai bisnis, tidak peduli seberapa kecil. Yakinlah kesejahteraan dan kenyamanan adalah semua kita di sini untuk memastikan. Dapatkan berhubungan dengan unit pelayanan pelanggan kami @ Jessicabrownfinancefirm@gmail.com untuk respon cepat dan cepat.
     
                                        KITA PERLU BERIKUT DARI ANDA,
     
     
    1. Nama
    2. negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Kerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan Bulanan
    8. Jumlah yang dibutuhkan
    9. Durasi Pinjaman
    10. Agama
    11. Apakah Anda menerapkan sebelum dan ditolak? Jika ya
    12. Negara alasan ……………………………………
    ………………………………………….. ……. …
    ………………………………………….. ……. …
    ………………………………………….. ……….
    ………………………………………….. …… …
     
                                    Biarkan kami membantu Anda
     
     
                  Jessicabrownfinancefirm – Copyright © 2017. Seluruh hak cipta.

  11. Yuanita Tacik says:

    syukurlah gak tertagih ya mbak, nominalnya gede banget.
    aku sering banget transaksi di shopee tapi via transfer bank terus karena gak punya cc, aman terkendali sih. sepertinya memang rawan ya kalo belanja online pake cc

  12. puji says:

    Barusan aq belanja di shopee pake CC …Niatnya mau iseng2 bayar pake kartu tapi kok ada dampaknya ..Untung mampir ke postingan ini ..Jdi lebih tau… Mendingan cus aq blokir aja CC nya dan ganti baru…Thankz udah share pengalamannya kakak..

  13. Galuh Puspita says:

    Mbaaak, tgl 23 februari 2017, kartu kredit citibank saya juga dibobol orang. ada 3 transaksi belanja yang gak saya ketahui, dengan mata uang yang berbeda mbak. total seluruhnya hampir 18 juta dan itu dilakukan diluar negeri. sama seperti mbak, ada notifikasi masuk jam 3 pagi. saya baru sadar jam 12 siangnya. langsung saya telepon untuk diblokir mbak. terus kasih surat sanggahan. tapi anehnya, kartu sudah diblokir, tapi barusan saya dapat notifikasi lagi kalau kartu saya digunakan kembali sebesar USD 425,52. Kalau mbak pernah pakai untuk belanja online, saya malah tidak pernah belanja online pakai kartu kredit karena takut dibobol. Ternyata kartu saya bisa dibobol jugaaa. semoga tidak tertagih ke lembaran penagihan. Buat ribettt.

    • Cita says:

      Waduh Mbak Galuh turut prihatin ya. Saya juga bulan Januari 2017 yll cc Citibank-nya kebobolan lagi 215rb akhirnya saya tutup aja deh, Yang 215rb saya bayar aja walaupun bukan saya yg transaksi bias cepet proses penutupannya. Kalau pake acara investigasi butuh waktu 45 hari. Semoga urusannya cepat selesai ya Mbak. Kalau memang nggak perlu2 banget tutup aja cc Citibanknya, apply cc bank lain yg lebih kredibel.

  14. Ain says:

    Wahhh takut betul saya dengar ya mbak. Terima kasih ya atas perkongsiaanya.. saya dr malaysia . Mujur ngerti apa yg mbak cuba sampaikan. Kalau kita beli barang di shopee yg dtgnya dr china, bagus ngga mbak?

Leave a Reply