3 Langkah Mudah Lapor SPT Pajak Tahunan Secara Online

Cara Mengisi dan Melapor SPT Pajak Tahunan Secara OnlineAntri sambil berdesakan di kantor pelayanan pajak untuk melapor SPT pajak tahunan? It’s so yesterday 😀 Yang kekinian itu lapor pajak lewat online. Jadi nggak cuma belanja doang yang bisa online. Sekarang lapor SPT pajak tahunan pun bisa online. Cuma modal jaringan internet yang lancar, EFIN, dokumen bukti pemotongan pajak penghasilan pasal 21 (PPh pasal 21) dan email yang masih aktif, kita bisa lapor SPT pajak tahunan dengan mudah, cepat dan aman. Selain itu kelebihan lapor pajak online bisa dilakukan kapan saja, nggak terbatas di hari kerja dan jam buka tutup kantor pelayanan pajak.

> Aktivasi EFIN ke kantor pelayanan pajak terdekat (bagi yang belum punya)

Pastikan anda sudah punya EFIN (Electronic Filling Identification Number). Kalau belum punya, harus datang dulu ke kantor pelayanan pajak terdekat dengan membawa formulir permohonan e-FIN yang sudah diisi, KTP dan kartu NPWP asli dan fotocopy-nya.

> Daftar dan registrasi e-filling secara online

Setelah mendapatkan EFIN, daftarkan ke https://djponline.pajak.go.id/registrasi. Masukkan NPWP, EFIN dan kode keamanan kemudian klik tombol Verifikasi.

Registrasi Pajak

Pada halaman berikutnya kita diminta untuk mengisi data nama wajib pajak, alamat email, nomor ponsel dan password, kemudian klik tombol Verifikasi.

Cek email, kemudian lakukan aktivasi.

Aktivasi EFIN Pajak > Mengisi SPT secara online dengan e-filling

Buka website www.pajak.co.id

Lapor SPT OnlineKlik tombol Pelaporan Pajak, akan masuk ke halaman e-Filling. Klik link yang berwarna biru (saya lingkari merah).

e-filling PajakMasukkan NPWP, password dan kode keamanan kemudian klik tombol Login.

Lapor Pajak OnlineKemudian akan masuk ke halaman profile kita. Klik tombol E-Fillinf (tanda panah merah)

Mengisi dan Melapor SPT Pajak Tahunan OnlineMasuk ke halaman berikutnya, klik tombol Buat SPT (tanda panah merah)

Buat SPT OnlinePilih formulir SPT yang sesuai dan isi daftar pertanyaan dengan benar

Mengisi SPT OnlineIsi SPT sesuai langkah-langkah yang diberikan dari langkah 1 sampai 16

Isi SPT OnlineSetelah diisi lengkap, klik tombol Setuju

Slide31Masuk ke halaman berikutnya, klik tombol Di sini, untuk mendapatkan kode verifikasi ke email atau nomor ponsel kita.

Slide32Cek email. Kembali lagi ke halaman DJP Online, masukkan kode verifikasi pada kolom yang ada kemudian klik tombol Kirim SPT.

Melapor Pajak OnlineSetelah semua selesai, kita akan mendapatkan BPE (Bukti Penerimaan Elektronik) seperti gambar di bawah ini melalui email.

Cara Mengisi SPT Online 2015

Cukup mudah bukan, langkah-langkah mengisi dan melapor SPT pajak tahunan ini. Cukup duduk manis di depan laptop/ komputer urusan lapor pajak beres.

Semoga membantu ya 🙂

Salam,

signature citandy

2,712 total views, 2 views today

Leave a Reply