Survey Biaya Persalinan di Bandung (Part 1)

Survey Biaya Persalinan di Bandung (1)Ada tiga alasan mengapa nanti saya ingin melahirkan dede bayi di Bandung. Alasan yang pertama karena orang tua saya tinggal di Bandung, di sebuah kawasan di Bandung Timur yang masih dingin karena dekat dengan gunung. Pada saat nanti melahirkan selain ingin didampingi Kk, saya juga ingin ditemani oleh orang tua saya di daerah yang dingin. Alasan yang kedua adalah supaya nanti di akte kelahiran dede bayi, tertulis tempat kelahirannya di Bandung ๐Ÿ˜€ Semula saya pikir kalau nanti saya melahirkan di Cikarang, di akte kelahiran dede bayi akan ditulis tempat lahir Cikarang. Saya nggak sreg karena terasa kurang gaya *halah* ๐Ÿ˜€ Belakangan saya tahu, bahwa bayi-bayi yang lahir di wilayah Cikarang, Cibitung, Tambun dan sekitarnya, di akte kelahiran akan ditulis tempat lahirnya di Bekasi karena wilayah tersebut memang masuk wilayah Kabupaten Bekasi. Tapi tetap saja saya keukeuh ingin melahirkan di Bandung (kalau nggak ada halangan ya). Alasan ketiga karena di Bandung banyak banget tempat makan enak ๐Ÿ™‚ Ibu hamil/ ibu menyusui kan katanya harus happy, nah salah satu sumber kebahagiaan buat saya adalah kalau nemu tempat makan enak. Kalau di Cikarang, banyak sih tukang jualan makanan, tapi kurang variatif dan rasanya ya biasa-biasa saja.

Nah, bulan Oktober dan November tahun 2013 lalu saya dan Kk sempat survey biaya persalinan di beberapa tempat. Mudah-mudahan saat ini harganya masih sama ya, walaupun mungkin berubah setidaknya ada gambaran lah mengenai biaya persalinan di beberapa tempat di Bandung.

1. RSB Emma Poeradiredja-Jl. Sumatra No. 46-48, Bandung-Telp. (022) 4205437, (022) 4206544

Waktu itu ke RSB Emma mau nyobain cek ke Dokter Anita, salah satu dokter yang direkomendasiin Mila, teman kuliah saya. Ternyata sampai sana, dokter Anitanya nggak praktek, kalau nggak salah waktu itu sedang ikut seminar, jadi digantikan dengan dokter lain. Akhirnya saya pun batal memeriksakan dede bayi di RSB Emma. Sempat mampir ke resepsionis tanya ini itu sambil minta daftar biaya persalinan di sana.

Biaya RSB Emma

Menurut informasi, RSB Emma ini berdiri sejak tahun 1956. Wah pantesan bangunan yang nampak dari luar nuansanya heritage gitu. Waktu itu nggak sampai melihat ke kamar perawatannya segala sih, jadi nggak tahu gimana kondisi di dalamnya.

2. RS Hermina Arcamanik-Jl. A.H. Nasution, No. 50, Bandung-Telp. (021) 8742525

Letaknya di kawasan Bandung Timur, relatif dekat dari rumah orang tua saya. Di Bandung ada satu lagi RS Hermina selain yang di Arcamanik yaitu RS Hermina Pasteur. Waktu itu sengaja mampir ke RS Hermina Arcamnik untuk menanyakan jadwal dokter kandungan dan biaya persalinan di sana.Biaya persalinan-Hermina ArcamanikKalau dilihat dari segi harga, memang beda dengan RSB Emma, mungkin karena RS Hermina Arcamanik cabang dari RS Hermina yang di Jakarta dan fasilitasnya lebih lengkap. Waktu itu saya sempat tanya tentang fasilitas NICU, kata petugas di bagian informasinya sih ada. Kalau nggak salah, di RS Hermina kalau kita sudah booking untuk melahirkan di sana, akan mendapat fasilitas seperti free senam hamil, free kelas prenatal, diskon USG 3D, free fisioterapi 1x, free konsultasi laktasi 1x, free senam nifas 1x, free kursus pijat bayi 1x, diskon akupuntur, free creambath 1x dan free konsultasi kecantikan. Waktu ke RS Hermina Arcamanik juga nggak lihat-lihat kondisi kamar perawatan dan kamar bayinya, saya dan Kk hanya keliling di sekitaran rumah sakitnya saja.

3. Klinik Bunda Nanda-Jl. Raya Cipadung no. 35-29 Ujung Berung, Bandung-Telp. 7812558

Saya mengetahui Klinik Bunda Nanda ini dari hasil blogwalking dan membaca review-nya di beberapa forum perempuan. Waktu itu sih niatnya memang mencari rumah sakit/ klinik bersalin yang dekat dengan rumah orang tua. Kalau dilihat dari luar, nampak klinik ini bersih dan rapi, malahan kalau mau masuk ke dalam gedungnya pengunjung harus melepas alas kaki, kayak mau masuk ke dalam masjid ๐Ÿ˜€ Suasana di dalamnya juga tenang dan hommy. Saya dan Kk sempat melihat-lihat kamar perawatannya. Di sini semua tipe kamar (dari VIP sampai kelas 2) hanya diisi satu tempat tidur alias nggak barengan dengan ibu-ibu yang lain. Yang membedakan dari masing-masing tipe hanya di fasilitas. Kalau VIP ada fasilitas kulkas, AC, sofa, kamar mandi dalam, untuk kelas 1 fasilitas sama dengan VIP hanya ukuran kamarnya sedikit lebih kecil, sedangkan kelas 2, kamar mandinya di luar. Kalau melihat di dalam kamarnya ada box bayi sih sepertinya klinik ini pro ASI dan mendukung rooming in bareng bayi. Di klinik ini juga tersedia fasilitas untuk operasi caesar dan juga terdapat inkubator. Kalau dalam kondisi emergency harus di bawa ke rumah sakit yang fasilitasnya lebih lengkap, mereka sudah bekerja sama dengan rumah sakit terdekat yaitu RS Hermina Arcamanik dan RS Islam.

Bundananda06

Bundananda07

Dari tiga tempat yang sudah saya survey, biaya persalinan di Klinik Bunda Nanda memang yang paling murah. Tapi saya masih galau nanti mau melahirkan di Klinik Bunda Nanda atau di RS Hermina Arcamanik *emak-emak galau* Kegalauan saya makin bertambah ketika saya berkenalan dengan Bidan Okke melalui FB. Beliau membuka klinik bersalin bernama Bumi Ambu di daerah Gedebage. Kenapa saya makin galau? Jadi begini. Saya pengen banget melahirkan dengan konsep gentle birth, secara normal, tanpa banyak intervensi medis (jika memungkinkan), delayed cord clamping (penundaan pemotongan tali pusar), tanpa episiotomi (pengguntingan mulut rahim), tanpa induksi/ vakum/ suntik ILA, bahkan kalau bisa tanpa jahitan, IMD (inisiasi menyusui dini) dan rooming in (jadi satu kamar dengan bayi). Bidan Okke ini berpengalaman membantu persalinan dengan konsep gentle birth. Biaya melahirkan di Bidan Okke adalah Rp. 2.500.000, tapi saya belum tanya lebih lanjut mengenai biaya-biaya lainnya. Sementara kalau saya melahirkan di rumah sakit belum tentu dokter, bidan serta perawatnya mau menerapkan konsep gentle birth ini.

Duh, semoga kegalauan ini segera berakhir dengan keputusan final akan melahirkan dimana. Mohon doanya ๐Ÿ™‚

Salam,

signature citandy

91,015 total views, 18 views today

22 comments

    • Cita says:

      Wew…lumayan juga ya naiknya sampe 13%…gw belom cek lagi ke Hermina Arcamanik, masih galau juga mau lahiran dimana ๐Ÿ˜€

    • Cita says:

      Hai Nindy, alamat lengkap Bumi Ambu: Perumahan Bumi Adipura Jl. Pinus Raya no. 10 Gede Bage, Bandung (rumah warna pink), telp. 022-87524798.

        • Cita says:

          Waktu saya ke Bumi Ambu memang belum ada plang namanya…jadi mungkin belum banyak yang tau…tapi sudah banyak kok bayi yang lahir di Bumi Ambu dengan Bidan Okke ๐Ÿ™‚

  1. Reisha says:

    Halo Mbak Cita, salam kenal. Saya senang baca blognya, terutama yang terkait persiapan pernikahan. Beberapa bagian saya contek buat pernikahan saya bulan lalu, hehe. Keep writing ya mbak. Sehat selalu buat mbak dan dedek bayi, moga lancar persalinannya nanti ๐Ÿ™‚

  2. Nia says:

    hai mbak.. Klo blh tau jdnya milih bersalin dmn nih mbak ?.. Kebetulan sama lg hamil jg. asal saya dari daerah bdg timur.. Tp skr ikut suami kerja di jababeka, cikarang. Klo di cikarang saya biasa kontrol di rs mitra keluarga.. Tp kyknya pgn lahiran di bdg.. Yg dkt2 rmh sih antara harapan bunda, humana prima, rs al islam ( msh daerah margahayu raya jg)

    • Cita says:

      Halo Nia,

      Saya masih galau nih mau melahirkan dimana…Tapi udah 2 kali sih pas di Bandung periksa di Klinik Bunda Nanda daerah Cipadung, Ujung Berung, ke dokter Pung. So far sih cocok dengan dokternya. Di Cikarang saya ke RS Mitra Keluarga juga, ke dokter Ni Putu Titien, Nia ke dokter siapa di Mitra?

      • Nia says:

        Hai mbak cita.. klo saya sama dr nancy pernah di awal2 hamil.. Skr sama dr titien.. Tp dr titien tuh suka lama nungguinnya. Pernah nunggu dokternya 2 jam.. Kontrol cm 5 menit.. Hadeh2

        • Cita says:

          Saya pertama kali ke dokter Titien, datang jam 5 sore, baru dipanggil jam 10 malam ๐Ÿ™ Sekarang sih udah tau triknya supaya nggak nunggu lama. Daftar seminggu sebelumnya, biasanya sih dapat nomor antrian 1 atau 2. Sampe di rumah sakit jam 7an malam, jam setengah 8 udah dipanggil. Boleh dicoba triknya ๐Ÿ™‚ Sayangnya di Mitra Keluarga Cikarang belum ada fasilitas USG 4D, jadi saya mau coba di Siloam Lippo Cikarang dengan dokter Adhitya.

  3. farida says:

    salam kenal teh cita, saya farida baru 1bulan sih kehamilan, kebetulan dri awal cek dokter pung di klinik bunda nanda. Teh cita jdi lahiran disana? Gmna penanganan dr.pung?

    • Cita says:

      Salam kenal juga Farida ๐Ÿ™‚ Saya nggak jadi lahiran di Bunda Nanda. Rencananya di Hermina Arcamanik, perkiraan lahirnya sih antara 7-19 April. Selama 2 kali kontrol ke dr. Pung sih saya cocok2 aja, orangnya enak, kalo ngejelasin detail, justru saya tau kalo janin saya sungsang dan posisi plasenta (ari-ari) saya sebagian menutup jalan lahir dari dr. Pung. Dokter saya yang biasa kontrol di Cikarang nggak pernah ngasih tau. Karena posisi janin dan plasenta yang abnormal jadi peluang melahirkan normal kecil, kemungkinan besar harus operasi caesar. Di Bunda Nanda sudah tersedia sih fasilitas untuk operasi caesar, tapi saya nggak berani, lagian fasilitas inkubator untuk bayi di sana hanya ada satu. Saya jaga2 aja takut ada kondisi emergency terhadap bayi, kalau inkubatornya hanya satu dan sedang dipakai, terpaksa dirujuk ke rumah sakit rekanan Bunda Nanda yaitu RS Islam yang di Soekarno Hatta. Jadi saya booking di Hermina Arcamanik aja deh ๐Ÿ™‚

    • Cita says:

      Mbak Bandung Timurnya dimana? Kalau RS sih RS Hermina Arcamanik menerima pasien BPJS Kesehatan untuk melahirkan tapi tetap harus ada rujukan dari faskes tingkat 1. Kalau klinik yang terima BPJS Kesehatan daerah Bandung Timur saya nggak paham

  4. Annisa Rachman S says:

    Mba saya mau tanya. Klinik Bunda Nanda itu bisa melayani SC ya? Ada temen saya yang bilang katanya di sana tidak melayani SC..

    • Cita says:

      Waktu itu sih melayani ya (3 tahun yg lalu). Kalau sekarang saya nggak tau. Itu kan di daftar paling bawah ada biaya SC, berarti pada saat itu ada. Coba saja ditanyakan ke kliniknya langsung.

Leave a Reply