Check…Check…Check

Senin 17 Juni kemarin saya dan Kk melakukan check-up pranikah di Rumah Sakit Santosa International, Bandung.  Saat jam 8 pagi saya tiba di bagian Medical Check Up, Kk udah duduk manis duluan 😀 Langsung deh saya konfirmasi ke bagian pendaftaran MCU kalau saya sudah booking untuk melakukan check-up pranikah hari itu. Sebelum melakukan check-up, kami terlebih dahulu mengisi form mengenai riwayat kesehatan kami masing-masing. Oya, dari Minggu malam di atas jam 10 sudah nggak boleh makan apa-apa lagi kecuali minum air biasa. Merokok juga nggak boleh hehe…

Setelah mengisi form, kami diminta untuk memilih menu makan pagi yang nanti akan disantap setelah pengambilan darah pertama. Secara ya laper banget dari jam 10 malam nggak makan apa-apa, kami pun memilih nasi goreng Santosa. BTW, menu-menu di rumah sakit ini ternyata sudah disertifikasi halal oleh LPPOM MUI. Pertama-tama, kami dicek tekanan darah dan berat badan serta tinggi badan setelah itu menunggu antrian pengambilan darah. Saat pengambilan darah, Kk dipanggil duluan, selang satu orang baru deh giliran saya dipanggil. Berhubung pembuluh darah saya tipis, sedangkan darah yang dibutuhkan sekitar 4 cc, maka tangan kanan dan kiri saya pun harus rela terkena jarum suntik 🙁 Selesai ambil darah, saya menyusul Kk yang sudah duluan melahap nasi goreng pesanan kami. Seharusnya setelah ambil darah, kami harus menyerahkan air urin ke bagian lab, tapi berhubung saya sedang menstruasi, jadi hanya Kk yang menyerahkan air urin, sedangkan saya nanti setelah menstruasi selesai harus kembali lagi untuk menyerahkan air urin.

Sekitar jam 11.45, Kk kembali diambil darahnya untuk uji gula darah setelah makan, sedangkan saya mengantri di poli obgyn untuk USG dan konsultasi dengan dokter spesialis obgyn. Saat sedang menunggu antrian, suster dari bagian pengambilan darah mendatangi saya untuk pengambilan darah setelah makan.

Alhamdulillah dari hasil pengujian saya dan Kk, hasilnya negatif untuk diabetes, hepatitis B, thalassemia, PMS, toksoplasma, rubella dan CMV. Hasil USG menunjukkan rahim saya bersih pasca sekitar tahun 2005 yang lalu di rahim saya sempat ada kista. IMHO, nggak ada ruginya kok kita melakukan check up pra-nikah, apalagi bagi yang punya riwayat penyakit tertentu atau di rumahnya memelihara hewan seperti kucing dan anjing. Sehingga bila ditemukan adanya infeksi misalkan toksoplasma, bisa dilakukan pengobatan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk hamil.

 

Salam,

signature citandy

 

3,098 total views, 2 views today

Leave a Reply