Random Survey-Lokasi Pernikahan di Bandung (part 2)

Sabtu malam setelah acara lamaran selesai tanggal 26 Januari 2013 yang lalu, papap langsung ngajak diskusi tentang rencana pernikahan saya dengan Kk. Katanya sekalian mumpung masih ada uwak-uwak beserta aki dan nini yang bisa ikut dimintai pendapat.

Pembahasan pertama itu penetapan lokasi pernikahan. Di Cirebon atau di Bandung (padahal akhir pekan sebelumnya saya dan Kk diam-diam sudah survey lokasi pernikahan di Bandung hehehe….)

Mengapa di Cirebon? Karena orang tua saya sudah tinggal di Cirebon sejak pindah dari Palembang tahun 1994, sehingga relasi dan teman-teman orang tua saya ya kebanyakan di Cirebon dan sekitarnya. Apalagi mereka saat ini membuka usaha rumah makan, sehingga relasi makin bertambah banyak dari mulai supplier daging sampai sayuran 😀 Belum lagi tetangga satu RT dan satu RW yang jumlahnya bisa ratusan kepala keluarga.

Mengapa di Bandung? Karena saudara-saudara dari orang tua saya banyak yang tinggal di Bandung. Teman-teman kuliah saya dan Kk banyak di Bandung. Pilihan venue untuk lokasi pernikahan, sanggar rias, catering dan vendor-vendor lainnya lebih beragam daripada di Cirebon. Pertimbangan lainnya, teman-teman kantor, kolega-kolega saya mayoritas berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya. Sehingga lebih mudah mereka untuk ke Bandung daripada ke Cirebon.

Setelah terjadi perdebatan panjang, akhirnya diputuskan pernikahan saya dan Kk akan diselenggarakan di Bandung. Keinginan saya ini dikuatkan juga oleh dukungan dari papap, bahwa ini adalah pernikahan saya dan Kk, pastinya kami berdua mengharapkan tamu-tamu yang datang adalah teman-teman serta relasi yang kami kenal. Kalau umumnya pesta pernikahan dihadiri oleh sebagian teman-teman dan relasi dari orang tua yang belum tentu dikenal oleh pasangan pengantin, maka papap berbesar hati memenuhi keinginan saya dan Kk untuk mengadakan pernikahan di Bandung agar lebih banyak dihadiri oleh teman-teman dan relasi kami. Thank you, Papap 🙂

Setelah urusan lokasi selesai, urusan berikutnya adalah venue. Ada beberapa tempat yang menjadi pilihan yaitu Bumi Samami, Masjid Nurul Jamil, Bumi Sangkuriang, La Gardena (Kopo Square), Trees Cafe, dan Lembah Taman Sari. Pada saat sedang membahas venue-venue tersebut, tahu-tahu mamah bilang, “Ya udah besok kita ke Bandung aja, yuk, liat-liat lokasinya”. Akhirnya, yang semula hari Minggu pagi yang akan ke Bandung hanya saya, aki, nini, Tante Ami dan Uwak Uci, akhirnya papap dan mamah pun ikut dengan tujuan survey venue.

La Gardena, Kopo Square

Tiba di Bandung sekitar jam 11 siang, langsung menuju La Gardena yang berlokasi di Kopo Square. Letaknya tidak jauh dari pintu Tol Kopo. Dari gerbang ambil arah belok kanan, setelah melewati fly over dan toko roti Holland Bakery ada petunjuk arah masuk ke area Kopo Square. Di La Gardena terdapat tiga venue dengan ukuran dan harga sewa yang tentu saja berbeda. Venue paling besar disebut Grand Ballroom. Harga sewanya Rp. 16 juta. Venue berukuran sedang bernama Ballroom B dengan harga sewa Rp. 12 juta. Venue berukuran kecil bernama Ballroom A harga sewanya Rp. 7,5 juta. Untuk calon pengantin yang ingin melaksanakan pesta pernikahan semi outdoor dengan jumlah tamu yang tidak banyak bisa mempertimbangkan menyewa Ballroom A karena di sana terdapat area rumput dengan sedikit pepohonan di dekat pintu masuk gedungnya. Namun sepertinya harus menyewa tenda untuk menghindari panas atau hujan. Saya tidak memilih venue ini karena sepertinya kapasitasnya tidak mencukupi untuk jumlah tamu undangan saya. Untuk yang ingin survey ke lokasi bisa cek petanya di sini. Bisa juga menghubungi contact personnya Pak Budiana di nomor telepon 022-5401659/ 022-542 1806.

Kelebihan La Gardena menurut saya lokasinya yang strategis, tidak jauh dari pintu Tol Kopo. Selain itu areal parkirnya luas. Menurut Pak Budiana, kapasitasnya cukup untuk menampung jika di tiga venue La Gardena ada acara yang bersamaan. Sedangkan kekurangannya adalah ketiga gedung tersebut bersebelahan. Waktu saya survey, sedang ada acara di Grand Ballroom. Ketika saya sedang berada di Ballroom A suara musik dari Grand Ballroom terdengar sangat jelas ke Ballroom A. Bisa dibayangkan kalau di Ballroom A juga sedang ada acara dan ada hiburan musiknya. Suara-suara musiknya akan saling bersahut-sahutan. Menurut saya sih akan sedikit menganggu.

La Gardena 05.

Area dalam ballroom A

La Gardena 06

Area luar ballroom A

La Gardena 04.

Area dalam ballroom B

La Gardena 03.

Area dalam ballroom B

La Gardena 01.

Area luar ballroom B

La Gardena 02.

Area luar ballroom B

La Gardena 07

Area luar ballroom B

Trees Cafe, Sukajadi

Venue berikutnya yang dituju adalah Trees Cafe. Lokasinya terletak di Jalan Bungur no 1, Sukajadi. Saat tiba di lokasi, saya langsung suka dengan suasananya cozy. Banyak pepohonan rindang yang membuat cafe tersebut terasa teduh. Harga sewa di sini Rp. 15 juta. Terasa mahal memang. Tapi walaupun mengadakan pesta pernikahan outdoor di sini, kita tidak membutuhkan tenda (penggunaan tenda akan minimalis) karena sudah tersedia beberapa pedopo beratapkan genteng yang bisa dimanfaatkan untuk pelaminan, meletakkan buffet, hiburan musik, akad nikah dan tempat makan VIP. Selain beberapa pendopo, kita akan mendapat fasilitas berupa semua kursi dan meja di sana bisa digunakan selama acara, tidak terikat jam, bebas mau menggunakan catering dari mana, keamanan termasuk lahan parkir serta pemblokiran jalan. Di sini juga tersedia mushola, 2 buah toilet untuk tamu dan dapur yang bisa digunakan pihak catering untuk mempersiapkan makanan. Kalau yang tertarik untuk mengadakan pesta pernikahan di sana, bisa menghubungi Mas Rio di 085793329819/ 089660946311. Akhirnya saya dan Kk sepakat akan menggelar acara pernikahan kami di Trees Cafe, tentunya dengan seizin papap dan mamah.

IMG-20130128-WA003

@ Trees Cafe

IMG-20130128-WA000

@ Trees Cafe

IMG-20130128-WA001

@ Trees Cafe

IMG-20130128-WA002

@ Trees Cafe

 

Salam,

signature citandy

23,350 total views, 4 views today

2 comments

    • Cita says:

      Hehehe….Trees Cafe emang asik tempatnya…Aku sih acaranya dari pagi smp siang, mudah2an nggak hujan 😀

Leave a Reply