Zivara 16 Bulan

PicsArt_1440665456953Ziva sudah 16 bulan. Yeaay. Alhamdulillah.

Perkembangannya sudah banyak banget terutama di perkembangan bahasa. Yap, Ziva makin cerewet. Ngoceh-ngoceh melulu. Ini beberapa kosakata ala Ziva.

  1. Nenen (yang ini sih udah fasih banget ngomongnya sejak umur 14 bulan, sebelum Ziva bisa bilang kata nenen dia bilangnya nena)
  2. Ayah (lebih dulu bisa bilang ayah daripada bilang ibu)
  3. Bu (belum bisa lengkap bilang Ibu, tapi ya lumayan lah)
  4. Pah = tumpah, kalo dia numpahin air dari gelas minumnya langsung nunjuk-nunjuk air yang berceceran sudah bisa bilang pah, pah
  5. Sah = basah, kalo dia liat baju, celana atau tangannya basah kena tumpahan air atau melihat sprei basah kena tumpahan minumnya Ziva sudah bisa bilang sah sah
  6. Gi = sikat gigi. Kalo melihat saya sedang melakukan ritual sikat gigi sebelum tidur Ziva suka kepo ngerecokin. Dikasih sikat gigi ukuran kecil punya dia sendiri malah nggak mau, maunya sikat gigi orang gede sambil bilang gi gi gi
  7. Lat = sholat. Kalo dulu liat saya sholat Ziva nangis, terus saya sholat Ziva nangkring di sajadah, lama-lama kalo saya sholat Ziva duduk manis aja di kasur sambil bilang lat lat tapi kadang masih duduk juga di samping saya
  8. Owoh = Masya Allah…keseringan denger ibu bilang Masya Allah kalo ada kelakuan Ziva yang bikin kesel kayak numpahin air di karpet, kabur ke luar karena pintu rumah kebuka, ngacak-ngacak tempat menyimpan peralatan makan minum dia
  9. Lillah = kalo saya bilang Alhamdu…Ziva bisa nerusin dengan bilang lillah
  10. Apo = apa (bahasa Palembang)
  11. Mano = kemano (bahasa Palembang). Secara suami kan wong kito jadi suka iseng aja ngajarin Ziva logat Palembang
  12. Ayam = ayam (fasih banget bilang ayam, kalo lagi diajak keluar (ke pasar, ke warung) dia lihat ayam langsung bilang ayam sambal nunjuk-nunjuk)
  13. Eek = ini kalo Ziva pup, bilangnya eek, sambal pegang-pegang bagian belakang celananya, saat saya cek diapersnya ternyata beneran dia pup.
Tup = kerupuk Tatet = kaget
At = pesawat Tatek = kakek
Dedet = bebek Tuk = truk
Mamam = makan Pis = bis
Num = minum Bobo = tidur
Oti = roti Aya = pepaya
Cucu = susu Aci = lagi
Ta = buka Pupu = kupu-kupu
Tata = kakak Aduh = aduh
Toh = jatuh Atem = asem
Cicis = pipis Adem = adem
Di = mandi Pu = lampu
Iya = bola Ca = baca

Yang agak mengkhawatirkan sih urusan makan. Sampe umur 16 bulan masih susah makan terutama makan nasi dan lauk pauknya. Paling maksimal 5-10 suap. Sudah itu dia tutup mulut atau makanannya dilepeh. Jadi ya berat badannya pun mentok di kisaran 8,8-8,9 kg. Walaupun kalo lihat dari tabel berat badan punya WHO, untuk anak usia 16 bulan berat 8,8-8,9 kg masih dianggap normal. Tapi ya gemes aja gitu, pengennya kan liat anak makan tuh lahap hehehe. Tapi pernah nanya sih ke ibu saya, ternyata dulu waktu kecil saya termasuk anak yang susah makan, apalagi makan sayur. Nah, apa Ziva susah makan tuh turunan dari saya ya. Kalo tanya pengalaman beberapa teman sih katanya kalo masih di bawah usia 2 tahun apalagi masih minum ASi memang ada beberapa anak yang susah makan. Jadi memang lagi masanya. Nanti ada saatnya anak bakal lahap makannya dan berat badannya bakal mengejar.

Pernah mau dibawa ke DSA, mau kontrol khawatir Ziva kena ADB. Tapi kata ayahnya nggak usah karena Ziva tergolong anak aktif, apalagi sejak sudah bisa jalan, maunya mondar-mandir ke sana kemari, pecicilan. Jadi mungkin faktor ini juga yang bikin berat badan Ziva susah naik karena asupannya nggak banyak tapi kebanyakan gerak.

Di usia 16 bulan gigi Ziva masih 6. Tapi sebentar lagi mau tumbuh gigi seri lateral yang di bagian bawah. Sudah keliatan sih erupsinya. Mudah-mudahan nggak pake sumeng ya 🙂

Kalo sebelumnya baru lancar turun dari kasur, sekarang naik ke kasur sendiri sudah bisa. Kadang saya masih ngeri sih ngeliatnya. Soalnya takut Ziva nggak kuat pas ngangkat badannya terus terjengkang ke belakang. Jadi saat dia mau naik ke kasur sendiri masih sambil dilihatin.

Waktu saya ada reuni gank temen kulian kan ada acara tukeran kado untuk ibu-ibu dan anak-anaknya. Terus ada beberapa teman yang ngasih goodie bag. Salah satu isi goodie bagnya celengan kaleng gambar Hello Kitty. Ziva sekarang senang banget kalo kita kasih uang logaman gitu, Ziva belajar masukin uangnya satu-satu ke dalam celengan. Ya itung-itung sambil melatih kemampuan motorik halusnya juga 😀

Sing cageur, bageur, bener, pinter, ya kanyaah ayah dan ibu

Salam,

signature citandy

 

 

 

 

 

 

2,856 total views, 2 views today

Leave a Reply