Suka Duka KUA (part 1)

Tahun 1993 saya pindah dari Palembang ke Cirebon karena mengikuti papap yang pindah tugas kerja. Jadilah saya dan keluarga saya menjadi warga Cirebon dan memiliki KTP Cirebon. Sedangkan Kk, yang semula KTP-nya Palembang, mutasi menjadi KTP Bandung.

Terus apa hubunganya dengan KUA?

Jadi begini. Saya dan Kk berencana menikah di Bandung. Berarti yang nanti akan menikahkan adalah petugas dari KUA di Bandung dong. Berarti saya dan Kk harus mengurus segala urusan administrasi di KUA di Bandung. Alhamdulillah, di Bandung ada kakek saya, yang punya kenalan di KUA Kecamatan Andir. Jadi urusan administrasinya akan diurus di sana.

Awalnya kami pikir hanya saya yang perlu mengurus surat numpang nikah karena KTP saya bukan KTP Bandung. Ternyata walaupun Kk KTPnya Bandung tetap harus mengurus surat numpang nikah karena kami akan mencatatkan pernikahan di KUA Kecamatan Andir sedangkan KTP Kk berasal dari Kecamatan Babakan Ciparay.

Surat numpang nikah saya diurusin oleh papap di Cirebon. Ternyata karena saya akan menikah di kota/ kabupaten yang berbeda dengan KTP asal saya, istilahnya bukan numpang nikah tapi cabut nikah. Total kerusakan mengurus surat cabut nikah saya di Cirebon adalah 250rb =__= Saat ini surat numpang nikah Kk sedang diurus. Belum tahu juga berapa biaya mengurus surat numpang nikah Kk di Bandung, semoga nggak semahal di Cirebon.

Biaya untuk pencatatan pernikahan saya adalah sekitar 1 juta dengan rincian 750rb untuk bapak lebe dan 250rb untuk kepala KUA. Selain harus men-submit fotocopy kartu keluarga saya dan Kk, surat cabut nikah saya, surat numpang nikah Kk, foto saya dan Kk 2×3 masing-masing 5 buah, saya  harus membuat surat pernyataan (tulis tangan) yang isinya permohonan saya kepada kepala/ penghulu KUA untuk mencatatkan pernikahan saya yang di luar hari dan jam kerja serta keberatan saya untuk melaksanakan akad nikah di balai nikah KUA dengan menyebutkan alasan-alasannya. Semua kelengkapan dokumen-dokumen ini harus sudah masuk ke KUA Kecamatan Andir paling lambat 10 hari sebelum hari akad nikah.

Fiuh….semoga urusan per-KUA-an ini segera beres yaaaaaa…………..

Salam,

signature citandy

2,341 total views, 4 views today

This entry was posted in Wedding.

Leave a Reply