Cerita Nostalgia

Jadi ceritanya saya dan suami dulu itu satu sekolah saat TK dan SD. Kami sama-sama bersekolah di TK Taman Indria Sungai Gerong dan SD Taman Siswa Sungai Gerong. Rumah kami juga sekomplek di Komplek Pertamina Kampung Bali, Sungai Gerong. Tapiiiii dulu itu saya nggak kenal dengan suami, kalau suami sih ngakunya tahu saya, karena dulu rumah sodaranya tetanggaan dengan rumah saya 😀

Nah, dalam rangka mudik lebaran ke Palembang yang lalu, kami menyempatkan main ke TK dan SD tempat kami pernah sekolah dulu, tentunya sambil bawa Ziva dong dan foto-foto tentunya 😀 Ceritanya nostalgia gitu deh.

Sebelum mampir ke TK, kami berhenti dulu di pinggir Sungai Musi. Kalau dulu sih anak-anak di jaman kami kecil, bilangnya main ke pantai, karena kalau air sungai sedang surut, kita bisa turun untuk bermain di pinggir sungai. Dari pinggir Sungai Musi ini kita bisa melihat berbagai jenis perahu/ kapal lalu lalang mulai dari perahu bermuatan penumpang, kapal tongkang pengangkut batu bara hingga kapal tanker.

20150721_171809

20150721_171019

Kondisi di sekitar Sungai Musi di area Komplek Pertamina Sungai Gerong area Kampung Baru ini cukup banyak berubah sejak saya tinggalkan tahun 1993 yang lalu. Perubahan-perubahannya antara lain kantor pos yang dulu ada sekarang sudah tidak difungsikan lagi. Dulu ada sebuah toko kelontong terkenal bernama Toko Musi milik seorang keturunan Tionghoa, sekarang sudah tutup. Salah satu favorit saya dulu kalau ke toko ini adalah jajan es Hongkong. Bentuknya sih seperti es potong aneka rasa gitu. Entah kenapa dinamai es Hongkong. Bangunan-bangunan tersebut sih masih ada, tapi dibiarkan kosong tidak terawat.

Selain area Kampung Baru, dulu pernah ada area Kampung Lama. Dulu orang umum masih bebas masuk ke kawasan Kampung Lama. Di sana pernah terdapat sebuah rumah sakit tempat saya dan suami sama-sama dilahirkan di sana 😀 Selain rumah sakit, di sana pernah ada sebuah gedung pertunjukan bernama Sasana Ria. Saat SD saya dan teman-teman sesama anak karyawan Pertamina pernah menari di sana. Seingat saya di area ini pernah juga ada sebuah penjara, nah di depan penjara itu ada toko bakery, salah satu panganan yang terkenal enak saat itu adalah roti kacang. Bentuknya panjang sekitar 10 cm, kulitnya berlapis seperti croissant dengan topping taburan gula pasir dan isinya kacang tanah yang sudah dihaluskan. Kawasan Kampung Lama ini komplek lawas dari jaman Belanda saat Pertamina masih bernama Stanvac. Sejak pernah terjadi ledakan pipa milik Pertamina, kawasan Kampung Lama ini pun ditutup untuk umum.

20150721_172453

20150721_170311Kalau TK tempat saya dan suami dulu pernah sekolah berada di area Kampung Baru, kalau SD kami dulu berada di Komplek Pertamina Sungai Gerong area Kampung Bali. Entah kenapa bisa sampai bernama Kampung Bali. Rumah orang tua saya dan orang tua suami dulu di area Kampung Bali ini. Kondisinya saat ini malah lebih parah dari Kampung Baru. Rumah-rumah sudah banyak yang hancur. Saluran air dan listrik sudah tidak ada. Tapi bekas sekolah kami masih berdiri kokoh hingga sekarang. Katanya sih saluran listriknya sekarang mengambil dari pemukiman yang berada di belakang komplek.

20150721_174111

20150721_174252

Salam,

signature citandy

8,210 total views, 2 views today