Melancong ke Negeri Jiran, Malaysia (1)

traveling-keluarga-ke-malaysiaCeritanya tahun lalu ada promo tiket murah Air Asia, lalu adik saya booking-lah tiket untuk tujuh orang rute CGK-KUL untuk keberangkatan 21 November 2016, pulang 24 November 2016. Tujuh orang itu terdiri dari Saya, suami, Ziva, orang tua dan dua adik saya. Rame, yess :)) Harga tiketnya waktu itu rute CGK-KUL dan KUL-CGK, tujuh orang sekitar 2,4 jt. Murah pake banget kan? Tapi ini di luar beli bagasi ya. Tahu sendiri lah ya maskapai kebanggaan orang Malaysia ini kan menerapkan biaya bagasi yang harganya lumayan. Waktu itu sih saya dan adik saya pesan bagasi pre-book masing-masing 20 kg seharga 180 ribu per 20 kg. FYI, kalau baru beli bagasi pas di counter check in kena biaya lebih mahal, per 15 kg kena 315 ribu untuk tujuan ke Kuala Lumpur. Besaran biaya bagasi maskapai Air Asia bisa dicek di sini.

tiket-air-asia-murahTrip ke Malaysia tahun ini menjadi trip ke luar negeri Ziva yang kedua setelah April lalu pergi ke Singapura. Mudah-mudahan di lain waktu bisa jalan-jalan lagi ke luar negeri, minimal muterin dulu negara-negara ASEAN lah *aamiin* 🙂

Baca: Berkunjung ke SEA Aquarium Singapura

Baca: Menginap di Singapura, Aranda Pasir Ris, Singapura

Prinsip dalam waktu yang sesempit-sempitnya diharapkan bisa mengunjungi lokasi wisata sebanyak-banyaknya sekarang sudah nggak berlaku *LOL* Kalau dulu waktu masih single sih mungkin banget jalan-jalan model begitu, kalau sekarang mah BHAY 😀 Jadi kemarin ya bikin itenerary yang selow aja secara bawa balita dan dua warga emas kalau kata orang Malaysia alias orang tua saya 😀

Hari ke-1: Perjalanan Cikarang-bandara Soekarno Hatta-bandara KLIA2 Kuala Lumpur-terminal Melaka Sentral-penginapan.

Hari pertama habis waktunya untuk perjalanan dari Cikarang sampai ke Melaka. Berangkat dari Cikarang naik Damri jam 6 pagi. Pesawat Air Asia yang akan kami tumpangi sempat delay sekitar 30 menit. Kami baru tiba di KLIA2 sekitar jam 3 siang waktu KL. Setelah melalui pengecekan imigrasi, mengambil bagasi, dan sholat kami menuju lantai bawah KLIA2 menuju tempat perhentian bis. Mengingat perjalanan menuju Melaka akan menghabiskan waktu 2-3 jam sebelum naik bis kami pun makan dulu di sebuah food court bernama NZ Curry House yang letaknya tidak jauh dari loket tiket bis.

Oiya karena kami akan berada di Malaysia selama 4 hari, saya, suami, dan adik saya membeli nomor telepon lokal. Informasi dari pemilik apartemen di Melaka yang kami sewa ada beberapa operator penyedia jasa telepon lokal yang bisa dipilih untuk membeli SIM card seperti U-Mobile, Maxis, Celcom, dan Digit. Kami akhirnya membeli SIM card Celcom karena counter SIM card pertama yang kami lihat saat di lantai bawah KLIA2 😀 Kami membeli 3 SIM card masing-masing seharga 25 ringgit, kalau nggak salah dapat paket data 2GB plus apalagi ya saya lupa hahahaha…

family-trip-to-malaysia

naik-air-asia-ke-malaysiajalan-jalan-keluarga-ke-malaysiaharga-tiket-bis-bus-klia2-ke-melaka-2016dari-klia2-ke-melaka-naik-apabis-bus-klia2-ke-malacca-2016Bis tiba di terminal Melaka Sentral sekitar jam 7 malam. Sempat terjadi miskom antara saya dan adik saya. Dia tadinya mau pesan Uber tapi saya merasa dia belum bilang ke saya sementara dia merasa sudah bilang tapi waktu masih di Indonesia 😀 Ya jelas saya sudah tidak ingat lah. Akhirnya dari terminal kami naik taksi butut model zaman dulu dan kena getok 30 ringgit ke penginapan yang berada di daerah Kota Laksamana.

Setelah 30 menit perjalanan kami tiba di apartemen yang sudah saya pesan lewat Airbnb. Seharusnya kami menginap di hotel di sekitar Jonker Walk. Adik saya sudah booking lewat Agoda, entah kenapa tiba-tiba dicancel oleh bank penerbit kartu kreditnya. Kami pun terdampar di kawasan apartemen model kuno seperti di film-filmnya Jacky Chan masa lalu 😀 Kami booking di apartemen tersebut selain harganya termasuk murah, interiornya ala-ala shabby chic gitu, instagramable banget lah :))

Nama penginapannya Frog Stay. Apartemennya terdiri dari 2 lantai yang mempunya 3 kamar tidur, 2 kamar mandi+wc, 1 toilet, dapur, balkon, dan living room. Review tentang penginapan ini akan saya buat terpisah.

Pengeluaran hari ke-1:
Damri Cikarang-Bandara: 50 ribu x 3 = 150 ribu
Bagasi Air Asia (pre-book): 180 ribu x 2 = 360 ribu
Makan siang di AW Soetta: adik saya yang bayar, saya nambah 50 ribu doang 🙂
SIM card CELCOM (saya dan suami): 25 MYR x 2 = 50 MYR
Makan siang di KLIA2: 25 MYR
Bis KLIA2-Melaka (saya hanya bayar utk tiket saya, suami, dan Ziva. Adik saya bayar tiket untuk dia, adik laki-laki, dan orang tua saya): 24,3 MYR x 3 = 72,9 MYR
Taksi terminal Melaka-Sentral: 30 MYR
Belanja (air mineral, roti, mie instan dalam kemasan cup, dll) di 711 dekat penginapan: 56,7 MYR

Salam,

signature citandy

Melancong ke Negeri Jiran, Malaysia (1)