Pilih-pilih Keju untuk MPASI

Siapa yang nggak doyan keju? Ada lho, salah satunya adik perempuan saya 😀 Kalau saya sih doyan-doyan aja. Terkait hubungannya dengan MPASI, informasi dari beberapa grup/ forum ibu-ibu yang membahas mengenai MPASI, keju sudah bisa diberikan pada bayi berusia 8 bulan ke atas. Nah, di pasaran banyak banget merk dan jenis keju. Dari yang buatan lokal sampai impor. Dari jenis ricotta, cheddar, edam, permesan, mozzarella, dll. Sebagian besar keju yang beredar di pasaran rata-rata mengandung garam. Walaupun ada beberapa merk keju (biasanya impor) yang nggak mengandung garam sama sekali, tapi hanya bisa ditemukan di supermarket tertentu dan biasanya harganya mahal. Selain mahal, beberapa merk keju impor yang saya lihat di supermarket belum mencantumkan logo halal di kemasannya. Kenapa sih penting banget milih keju yang halal? Salah satu tahapan dalam pembuatan keju adalah proses penggumpalan atau koagulasi. Proses penggumpalan ini memerlukan bantuan enzim yang berasal dari lambung hewan menyusui yang disebut rennet. Biasanya rennet didapat dari sapi. Tapi saat ini rennet bisa didapat dari kambing, domba bahkan babi. Makanya penting banget milih keju yang status halalnya sudah jelas.

Saya berusaha membiasakan diri untuk membaca komposisi/ bahan baku dari makanan olahan pabrikan sebelum membelinya, selain tentu saja mengecek logo halal dan tanggal kadaluarsa. Apalagi untuk diberikan ke Ziva. Kalau untuk konsumsi saya dan suami kadang baca komposisinya sambil lewat doang 😀

Saat pertama kali membeli keju untuk campuran MPASI Ziva, saya lamaaaa banget berdiri di dekat rak pendingin tempat berbagai keju dipajang di sebuah supermarket dekat rumah. Bolak-balik megang, baca komposisi, ngambil merk lain terus dibanding-bandingin. Sampai akhirnya memutuskan mengambil satu merk keju untuk kemudian dibawa ke kasir 😀
Continue reading

112,042 total views, 73 views today

Ziva’s 1st Birthday Bash

PhotoGrid_1429406683983

Bersyukur kami kepada-Mu Ya Allah atas anugerah terindah yang sudah diamanahkan kepada kami. Semoga sepanjang usianya selalu Engkau bimbing agar tetap berada di jalan-Mu, berikan kesehatan, rezeki yang luas, berikan perlindungan sebaik-baik perlindungan, mudahkan segala kesulitannya, lapangkan kesempitannya dan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkannya. Aamiin.

Selamat ulang tahun yang pertama Ziva sayang. Love you so much

Awalnya sih pengen banget pas ulang tahun pertama Ziva, kami jalan-jalan kemana gitu. Secara ibuk dulu sebelum nikah dengan ayah kan tukang jalan-jalan 😛 Ceritanya semacam birthday trip. Apalagi pas tanggal 11 April 2015 kan pas hari Sabtu. Tapi dipikir-pikir kalo jalan-jalannya mau yang rada jauh misal ke Pangandaran gitu kalo cuma Sabtu dan Minggu doang mah ya bakal capek di jalan. Mau ambil cuti, jatah cuti tahun ini udah kepotong hutang cuti tahun lalu. Sisa cuti tahun ini tinggal 8 hari doang, udah diset untuk lebaran nanti 7 hari, sisa 1 hari untuk ke Yogya acara nikahan sepupu bulan Oktober. Belum lagi budgetnya pasti nggak sedikit. Mamah udah nanyain melulu ulang tahun Ziva mau dirayain dimana. Akibat kelamaan galau dan akhirnya memutuskan acara ulang tahun Ziva di Cikarang aja, persiapan pun dilakukan dalam waktu relatif singkat. Continue reading

11,656 total views, 2 views today