13 Produk Perlengkapan ASIP

Saya setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa pemberian ASI untuk bayi itu hemat terutama untuk ibu-ibu bekerja yang tetap berkomitmen memberikan ASI kepada bayi-bayi mereka. Hemat tapi bukan berarti gratis ya karena kita kan harus berinvestasi beberapa must have item (tergantung kebutuhan juga sih) demi menunjang ASI eksklusif. Secara ibu bekerja kan sekitar 8-9 jam waktunya dihabiskan di tempat bekerja sementara anak kita di rumah tetap harus minum ASI. Jadi di sela-sela bekerja kita harus menyempatkan waktu untuk memerah/ memompa ASI untuk stok di rumah. Selain untuk stok, payudara kalo ASI-nya kelamaan nggak dikeluarin bisa bengkak dan keras kayak batu 😀 Prinsip ASI yang supply dan demand, juga menyebabkan ASI harus sering dikeluarkan karena kalau nggak, otak kita justru memerintahkan untuk nggak memproduksi ASI lagi. Gitu sih menurut info yang saya dapat waktu ikutan kelas edukasi postnatal-nya AIMI.

Walaupun harus mengeluarkan uang yang cukup lumayan untuk membeli beberapa perlengkapan untuk ASIP masih lebih hemat daripada harus membeli susu formula. Uang segitu palingan cuma cukup untuk beli 10-15 kaleng susu formula. Sementara, perlengkapan ASIP yang kita beli bisa dipake selamanya selama masih dalam kondisi baik. Lagian, dari sudut pandang manapun ASI masih tetap lebih baik daripada susu formula.

Saya mau review perlengkapan ASIP apa saja yang selama ini sudah memudahkan saya untuk tetap bisa memberikan ASI eksklusif untuk Ziva walaupun saya bekerja. Continue reading

17,550 total views, 4 views today

Pengalaman Ziva Minum ASIP

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan” [QS Al-Baqarah : 233]

Saya sudah bertekad walaupun saya bekerja, Ziva harus mendapat ASI eksklusif 6 bulan dan mudah-mudahan bisa lanjut sampai Ziva umur 2 tahun. Umumnya, ibu bekerja yang tetap ingin anaknya mendapat ASI eksklusif 6 bulan mau nggak mau selama ibu berada di tempat kerja, si bayi harus minum ASIP menggunakan alat bantu.

Beberapa minggu menjelang masuk kerja saat masih di rumah orang tua di Bandung, Ziva mulai latihan minum ASIP. Awalnya saya sok idealis karena takut Ziva bingung puting, sebisa mungkin Ziva minum ASIP tanpa botol dot. Setelah melahirkan dan ikut kelas edukASI postnatal-nya AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), dikasih tau juga kalau penggunaan botol dot memang bisa beresiko bingung puting alias si bayi bisa jadi nggak mau minum ASI langsung dari sumbernya alias payudara si ibu karena udah kebiasaan ngedot dan beberapa resiko negatif lainnya. Saya jadi makin parno Ziva bingung puting kalau tetap pake botol dot. Tapi kenyataan berkata lain.
Continue reading

44,951 total views, 5 views today

KB Oh KB

Sudah niat banget begitu anak pertama lahir mau pasang alat KB 😀 Setelah ditunda sekian lama akhirnya pas Ziva umur 2 bulan baru deh ke dokter Anita. Tadinya sudah semangat mau pasang alat KB yang IUD karena katanya kan nggak mempengaruhi kerja hormon. Ternyata, pasang alat KB IUD itu nggak semudah yang dibayangkan. Sakitnya pake banget sampe berdarah-darah. Padahal kata dokter Anita sakit melahirkan dengan proses normal lebih sakit daripada saat pasang IUD. Waksss….maklum ya saya kan waktu lahiran Ziva lewat operasi caesar jadi nggak tau gimana rasanya sakit saat melahirkan dengan proses normal. Akhirnya saya menyerah dan memilih untuk suntik KB yang 3 bulanan supaya ASI saya nggak kering. FYI, kata dokter Anita, suntik KB yang 1 bulanan yang bikin ASI jadi kering kalau yang 3 bulanan Insya Allah nggak. Jadi nyesel juga sih kenapa nggak pasang IUD-nya sekalian pas waktu operasi caesar padahal dokter Anita sudah nawarin. Tapi emang waktu itu dokter Anita bilang sih resikonya kalau pasang IUD langsung setelah operasi caesar, kondisi rahim kan masih membesar, kalau nanti rahimnya mengecil, khawatir IUD-nya jadi bergeser. Yowes lah, selama tetap bisa mencegah Ziva punya adik baru dalam waktu dekat dan ASI saya masih lancar nggak apa-apa lah pake suntik KB 😀 Continue reading

5,093 total views, no views today

Doa Ulang Tahun Pernikahan

IMG_20140624_170635

Alhamdulillah satu tahun sudah terlewati saya dan Kk menjalani kehidupan berumah tangga. Kado terindah setahun pernikahan kami dari Allah SWT adalah putri cantik kami Zivara Medina Putri Nurhadi.

Terima kasih atas segala karunia dan nikmat-Mu ya Allah. Jadikan kami rela dan merasa cukup dengan pemberian dari-Mu. Continue reading

8,705 total views, no views today

Zivara 2 Bulan

20140514_100020Selamat ulang bulan ke-2, putri cantik kesayangan ibu 🙂

Alhamdulillah tanggal 11 Juni umur Ziva pas 2 bulan. Secara fisik udah keliatan banyak perbedaan dari bulan sebelumnya. Pipi Ziva makin chubby, jadi makin gemes pengen nyiumin terus 😀

Pas tanggal 11 Juni itu, saya dan ayahnya membawa Ziva ke dokter Nancy, DSA-nya Ziva di Hermina Arcamanik untuk imunisasi BCG, DPaT+HIB+polio (saya ambil yang combo), PCV10 dan rotavirus. Sayangnya, pas waktu itu vaksin rotavirus nggak ready, harus indent karena peminatnya jarang. Alhasil tanggal 18 Juni kami balik lagi ke Hermina Arcamanik untuk imunisasi rotavirus.

Tanggal 11 Juni saat imunisasi berat badan Ziva sudah mencapai  4854 gram dan tingginya 61 cm. Tanggal 18 Juni saat balik lagi untuk imunisasi rotavirus, berat badan Ziva naik menjadi 4928 gram, tinggi badannya masih 61 cm. Perkembangan Ziva secara kognitif sudah mulai bisa mengoceh spontan seperti “aaah”, “oooh,” “haeeeeh”, “ngaaah”. Secara sensoris matanya sudah mulai bisa mengikuti obyek dengan matanya. Saya beliin Ziva mainan gantung yang ada boneka dan musiknya. Ketika mainan itu dipasang, mata Ziva nampak mulai bisa mengikuti arah mainan itu berputar. Continue reading

4,467 total views, no views today