Ziva’s 2nd Birthday Trip: Hello Singapore #1

Tips Mengajak Anak Traveling ke Luar NegeriDulu waktu Ziva ulang tahun yang pertama, saya sempat bilang semoga pas ulang tahun Ziva yang kedua bisa jalan-jalan kemana gitu alias birthday trip. Alhamdulillah atas izin Allah wish list-nya kesampaian.

Sebenarnya sih nggak murni birthday trip, karena aslinya saya ada dinas luar ke Singapura yang tanggalnya berdekatan dengan tanggal Ziva ulang tahun. Ziva ulang tahun yang kedua tanggal 11 April 2016, sedangkan saya harus menghadiri sebuah pameran yang acara berlangsung dari tanggal 12 sampai 15 April 2016. Pas banget kan 😀

Tadinya sih belum tentu saya yang disuruh berangkat, eh last minute oleh ibu bos disuruh berangkat bareng 3 rekan kerja yang lain. Buru-buru deh bikin paspor untuk Ziva karena si bocah emang belum punya paspor. Tiket pesawat untuk ayah dan Ziva juga mendadak beli. Jadi nggak berharap dapat harga murah. Apalagi Ziva usia 2 tahun sudah harus bayar tiket penuh. Kemarin sih dapat tiket Airasia 2,9 juta PP untuk berdua. Untuk urusan menginap sudah dibookingin oleh owner pabrik tempat saya kerja yang memang orang Singapura dan sehari-hari tinggal di sana. Kami berenam menginap di Aranda Country Club di daerah Pasir Ris. Review tentang penginapan ini akan saya post terpisah.

HARI KE-1

Berangkat dari rumah jam 6.30 pagi karena mengejar jadwal penerbangan jam 11.20. Eh sudah di ruang tunggu ternyata pesawatnya delay. Tumben-tumbenan nih naik Air Asia pake acara delay.

Traveling dengan Anak ke SingapuraBerhubung Ziva sudah 2 tahun jadi ya ini pengalaman pertama Ziva duduk sendiri di kursi di dalam kabin plus perjalanan pertamanya ke luar negeri. Selama di pesawat Ziva anteng alias tidur. Ya iyalah anteng 😀 Karena pesan tiketnya beda nomor booking, jadilah Ziva duduk dekat si ayah, sedangkan saya dapat seat dekat reken-reken kerja saya. Tapi saya masih sebelah dengan Ziva walaupun dipisah dengan lorong kabin.

Mengajak Anak Liburan ke Singapura

Sampai di Changi jam 2 siang waktu Singapura, setelah selesai urusan imigrasi dan bagasi langsung naik taksi ke penginapan. Sorenya belanja ke supermarket Fair Price beli air mineral, roti, cemilan, dan minuman ringan. Segitu doang habis 15 SGD alias hampir 150 ribu rupiah euy 🙂

Setelah belanja, karena kelaparan makan di food court dekat penginapan. Namanya Asli Village. Makanan yang disajikan menu-menu Asia. Saya pesan mee goreng seafood. Tulisannya emang mee bukan mie. Harganya 5.5 SGD. Suami pesan nasi goreng ayam, harganya 5,8 SGD. Begitu datang porsinya bisa untuk berdua 😀 Banyak banget.

Kuliner Singapura

Jalan-jalan ke Singapura dengan AnakMalamnya diajak makan malam oleh owner di Sakura International Buffet Restaurant di Mall Downtown East. Suami memilih nggak ikut. Jadi hanya saya, Ziva dan 3 rekan kerja. Restoran Sakura ini sudah memiliki sertifikat halal jadi untuk pengunjung muslim jangan khawatir. Berhubung sore perut baru diisi mi goreng porsi jumbo, jadinya malam itu nggak banyak menu yang saya santap. Kenyang cyiiiin 😀 Ziva yang malah kegirangan ngeliat cup cake, terus minta mesis warna-warni. Namanya restoran buffet, ya menunya macam-macam. Mau sushi, makanan berkari khas India, steak, bulgogi, bubur, sate, dimsum, Chinese food, nasi goreng, semua ada. Menu desertnya pun banyak, ada es krim yang bebas ambil sepuasnya, buah potong, agar-agar, cup cake. Tapi di Sakura nggak sempat foto-foto euy.

HARI KE-2

Acara hari kedua mengunjungi pameran Food & Hotel Asia di Singapore Expo. Dari penginapan naik bis yang pemberhentian terakhirnya di stasiun MRT Pasir Ris. Dari stasiun kami naik MRT jalur hijau (East West Line), turun di stasiun Tanah Merah, ganti kereta tujuan ke Singapore Expo.

Begitu di area pameran saya masuk sambil gendong Ziva pakai gendongan Ergo, suami menunggu di luar. Begitu sudah mau selesai keliling tiba-tiba saya dipanggil petugas keamanan kemudian diusir ke luar hall karena anak kecil nggak boleh dibawa masuk ke acara pameran -__-

Membawa Anak Traveling ke Singapura

Dari Singapore Expo, kami lanjut ke Orchard 😀 Naik MRT dari stasiun MRT Expo, turun di Tanah Merah ganti kereta tujuan Joo Koon, turun di stasiun City Hall, ganti MRT jalur merah (North South Line), naik MRT tujuan Jurong East turun di stasiun MRT Orchard. Di Orchard kemana lagi kalau bukan ke Lucky Plaza hahaha…Cari oleh-oleh. Dari Lucky Plaza, sholat dulu di Masjid Al-Falah. Masjid Al-Falah bisa dicapai dengan jalan kaki dari Lucky Plaza sekitar 500 meter ke arah gedung Paragon.

Selesai sholat, kami memutuskan untuk pulang ke penginapan. Numpang foto-foto dulu di depan air mancur gedung Ngee Ann City. Sebelum menuju stasiun MRT Orchard mampir dulu ke counter Lush di Wisma Atria, beli bath bomb titipan anaknya bos saya.

Jalan-jalan ke Orchard Singapura Bawa AnakSampai di penginapan kami tepar plus Ziva badannya panas, hiks.